Gili Kapal, Pulau Cantik Lombok yang Sering Tenggelam!

Teman Traveler pernah pernah menjelajah kawasan timur Lombok? Di sana kalian bisa temukan gugusan pulau kecil nan indah. Salah satu yang cukup unik adalah Gili Kapal.

Pulau kecil ini hanya terdiri dari gundukan pasir, namun terlihat sangat cantik. Uniknya, tempat ini sering tenggelam lalu muncul kembali, tergantung pasang surut air laut. Penasaran? yuk simak ulasan saya berikut ini.

Salah Satu Pulau Cantik di Lombok Timur

gili kapal
Kapal yang akan mengantar penumpang ke gugusan pulau kecil (c) Rosita/Travelingyuk

Adakah di antara Teman Traveler yang pernah liburan ke Lombok? Kalian tentu sepakat bahwa tiap sudut Pulau Seribu Masjid punya pesona kecantikan alam luar biasa. Ada banyak kawasan eksotis untuk dijelajahi, terutama di sisi timur. Buat kalian yang mendambakan pesona alam perawan, kawasan ini wajib dijelajahi. Salah satu yang paling recommended adalah Gili Kapal.

img_1977_w6c.jpg
Gradasi warna di sekitar gili (c) Rosita/Travelingyuk

Sekedar informasi, gili merupakan sebutan untuk pulau kecil. Nah, Gili Kapal sendiri masuk wilayah perairan Desa Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Begitu menginjakkan kaki di sini, Teman Traveler dijamin bakal langsung terhipnotis dengan pesona kecantikannya.

Tempat eksotis ini berhadapan langsung dengan Selat Alas, perairan yang memisahkan Lombok dan Sumbawa. Berdiri di sini, Teman Traveler akan bisa melihat Pulau Sumbawa dari kejauhan. Sungguh pengalaman yang luar biasa.

Akses Menuju Gili

gili kapal
Tempat ini hanya bisa disambangi ketika laut surut (c) Rosita/Travelingyuk

Lantas bagaimana akses menuju Gili Kapal? Jika berangkat dari Mataram, Teman Traveler harus menuju Sambelia, Kabupaten Lombok Timur terlebih dahulu. Perjalanan ini akan memakan waktu hampir tiga jam. Maklum saja, lantaran daerah ini berada di ujung Pulau Seribu Masjid. Begitu sampai, kalian bisa langsung bertanya pada warga sekitar mengenai lokasi penyeberangan menuju Gili Kapal.

img_19218_imY.jpg
Sumbawa terlihat sangat dekat (c) Rosita/Travelingyuk

Berikutnya Teman Traveler harus menyewa perahu motor untuk menuju Gili Kapal. Nantinya kalian juga bakal diajak berkeliling ke beberapa pulau mungil lain di sekitar sini, mulai dari Gili Petagan, Bidara, serta Kondo. Pemandangan yang tersaji benar-benar luar biasa indah. Dijamin kalian bakal langsung terhipnotis usai melihatnya.

Pulau Kecil yang Bisa Tenggelam

gili kapal
Pulau ini terdiri dari gundukan pasir yang tidak terlalu luas (c) Rosita/Travelingyuk

Dibanding pulau lain di sekitarnya, Gili Kapal hadirkan pesona unik yang membuatnya cocok disebut sebagai surga tersembunyi. Mengapa demikian? Selain masih jarang disambangi wisatawan, daratan yang cuma seuprit ini ternyata sering muncul dan tenggelam. Bagaimana, unik bukan Teman Traveler?

gili kapal
Pemandangan di sekitar pulau (c) Rosita/Travelingyuk

Pulau ini hanya akan nampak ketika air laut surut, sekitar pagi dan sore
hari. Tidak semua wisatawan yang mampir ke Gili Petagan, Bidara dan Kondo bisa menyambangi tempat ini. Bahkan jika Teman Traveler membuka peta Lombok, belum tentu kalian bakal menemukan lokasi tepat gili satu ini.

Asal-usul Nama ‘Kapal’

img_2014_Tr2.jpg
Terdiri dari gundukan pasir (c) Rosita/Travelingyuk

Kira-kira bisakah Teman Traveler menebak mengapa pulau unik ini dinamakan kapal? Well, bukan karena ada serpihan atau bongkahan kapal tenggelam dari masa lalu ya. Jadi seperti yang kalian tahu, daratan ini sering muncul dan tenggelam karena pengaruh pasang surut lautan. Nah, hal ini ternyata sering menyebabkan banyak kapal kandas saat melintasinya.

Terlepas dari hal tersebut, setiap sudut pulau ini benar-benar miliki pesona alam yang menghipnotis. Gradasi warna laut, berpadu apik dengan kegagahan Gunung Rinjani dan Pulau Sumbawa di kejauhan. Siapa pun yang datang tentu bakal langsung jatuh cinta dengan tempat ini.

Itulah sekilas pengalaman saya menjelajahi Gili Kapal. Yuk, segera realisasikan rencana liburan ke Lombok dan jangan lupa mampir ke sini. Selamat jalan-jalan Teman Traveler. 

Tags
gili kapal kontributor Lombok Travelingyuk wisata lombok
Share