Berburu Sunset di Gili Gede Lombok Barat, Cantik Banget!

Rosita

Rosita

On Indonesia
Pemandangan d Gili Gede Pemandangan d Gili Gede

Lombok memiliki banyak pulau-pulau kecil yang menarik untuk dikunjungi. Gili Gede adalah salah satunya. Berada di sisi barat Pulau Seribu Masjid, destinasi ini masuk dalam wilayah Desa Gili Gede Indah, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

Pulau terluas di antara beberapa pulau lain Kecamatan Sekotong ini memiliki lima dusun. Selain Dusun Induk Gili Gede atau Pegametan, ada Dusun Gedang Siang, Dusun Tanjungan, Labuan Cenik, dan Orong Bukal.

Gunung Rinjani nampak dari kejauhan (c) Rosita/Travelingyuk
Gunung Rinjani nampak dari kejauhan (c) Rosita/Travelingyuk

Panorama alam yang ditawarkan di sini sungguh luar biasa. Pantang dilewatkan jika kalian berkunjung ke Lombok. Daripada penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini.

Akses Mudah

Pemandangan matahari terbit di Gili Gede (c) Rosita/Travelingyuk

Akses menuju Gili Gede tergolong mudah. Bisa ditempuh via perjalanan darat dari Mataram dalam waktu sekitar satu setengah jam. Estimasi
waktu perjalanan tidak akan berbeda jauh meski berangkat dari Bandara
Internasional Lombok, yang berlokasi di Lombok Tengah.

Begitu sampai di pelabuhan dekat Sekotong, kalian akan dengan mudah menemukan nelayan yang menawarkan jasa penyeberangan menuju
Gili Gede. Biasanya wisatawan akan berangkat lewat Pelabuhan Tawun. Dari sini kalian juga bisa menuju Gili Layar dan Rengit.

Dekat dari Pelabuhan Lembar

Asyiknya berfoto dengan latar belakang matahari terbit (c) Rosita/Travelingyuk

Letak Gili Gede berada tak jauh dari Pelabuhan Lembar, sekitar 45 menit perjalanan dengan jarak kurang lebih 36km. Kondisi jalan sudah lumayan mulus, baik untuk kendaraan roda dua maupun empat. Perjalanan dijamin bakal nyaman dan mulus.

Jika memilih berangkat dari Pelabuhan Lembar, gerbang masuk Lombok dari arah barat, sejauh mata memandang akan terlihat gugusan pulau-pulau kecil di kawasan Sekotong. Sangat indah dan mengagumkan.

Kemping Sembari Menanti Sunset

Menanti matahari terbit di Gili Gede (c) Rosita/Travelingyuk
Menanti matahari terbit di Gili Gede (c) Rosita/Travelingyuk

Gili Gede Lombok adalah tempat asyik untuk kalian mendirikan tenda. Berkemah merupakan pilihan tepat menghabiskan waktu sembari menanti indahnya panorama matahari terbit di pulau indah ini.

Keramahan penduduk sekitar akan membuat kalian merasa betah berkemah di sini. Bahkan bukan tak mungkin nantinya kalian memutuskan lebih lama menetap di sini untuk terus menikmati keindahan pantainya.

Bagi kalian yang kurang suka dengan suasana kemping, tidak perlu khawatir. Gili Gede memiliki beragam penginapan yang siap memanjakan kalian. 

Jernih dan Arus tenang

Perairan di sekitar gili cenderung tenang (c) Rosita/Travelingyuk
Perairan di sekitar gili cenderung tenang (c) Rosita/Travelingyuk

Gili Gede Lombok memiliki perairan jernih dengan arus cukup tenang, sehingga kalian bisa snorkeling maupun diving di sini. Selain pemandangannya yang indah, pulau ini juga memiliki panorama bawah laut memukau.

Jika tak ingin berbasah-basah ria, pulau seluas kurang lebih 260 hektar ini juga merupakan lokasi tepat untuk memancing. Ya, perairan di kawasan Sekotong merupakan surga bagi kawanan ikan laut. 

Itulah sekilas ulasan mengenai Gili Gede, salah satu destinasi indah di Lombok Barat. Bagaimana Teman Traveler, sudah ada yang tertarik ingin membuktikan langsung keindahan panorama matahari terbit di sini?