Besok, Gerhana Matahari Cincin akan Sapa Kabupaten dan Kota Bengkulu

Advertisement

Fenomena gerhana baik bulan maupun matahari selalu menjadi momen yang ditunggu terlebih bagi masyarakat di Indonesia untuk sekali lagi mengagumi ciptaan dan kebesaran Sang Pencipta. Tinggal menghitung hari, salah satu fenomena ini akan hadir dan menyapa masyarakat Bengkulu.

Potret Gerhana via Instagram @raxza

Tidak semua tempat di Bengkulu akan menyaksikan langsung fenomena alam ini. Litman selaku Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, Padan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menjelaskan bahwa fenomena tersebut akan berlangsung hanya sekitar 0,55 jam.

Fenomena gerhana matahari cincin hanya dapat terlihat dari Kota Bengkulu, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Seluma.

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin via Instagram @raxza

Pada setiap daerah, fenomena ini berlangsung dengan durasi yang berbeda-beda. Secara umum, gerhana sudah bisa Teman Traveler amati mulai dari pukul 14:29 WIB. Sedangkan puncak gerhana matahari cincinnya akan berlangsung pada pukul 14:59 dan berakhir pukul 15:21 WIB.

Teman Traveler yang berada di 8 kabupaten dan kota yang mengalami gerhana matahari cincin disarankan untuk menggunakan kaca mata jika ingin melihat langsung fenomena gerhana matahari tersebut diluar rumah. Sedangkan BMKG Kepahiang akan mengamati fenomena ini dari Kantor Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang.

Advertisement
Tags
gerhana matahari cincin Gerhana Matahari Cincin Bengkulu Gerhana Matahari Juni Gerhana Matahari Juni 2020
Share