Geopark Merangin, Destinasi Wisatas Jambi yang Punya Keindahan Kelas Dunia

Wildan Carbon

Wildan Carbon

On Indonesia
Arung jeram di Geopark Merangin Arung jeram di Geopark Merangin

Merangin adalah satu dari sebelas kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Kabupaten seluas 7.679 km2 ini kaya akan potensi keindahan alam. Beberapa destinasi bahkan menawarkan wahana menantang seperti arung jeram alias rafting. Cobalah berkunjung ke Geopark Merangin. Selain pemandangan alamnya yang luar biasa, kalian bakal menemukan sederet wahana seru bernuansa edukatif. Penasaran?

Destinasi wisata di Geopark Merangin (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Destinasi Kelas Dunia

Pintu masuk kawasan Geopark (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Geopark Merangin berada di wilayah Dusun Baru, Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pemberap, Kabupaten Merangin, Jambi. Luas kawasannya mencapai sekitar 20.360 km.

Untuk mencapai lokasi ini, Teman Traveler bisa berangkat dari Jambi menggunakan sepeda motor atau mobil dengan waktu perjalanan antara enam hingga tujuh jam. Namun jika perjalanan dimulai dari Bangko, Ibu
Kota Kabupaten Merangin, hanya butuh waktu kurang lebih satu jam.

Geopark Merangin adalah destinasi wisata yang wajib dipertimbangkan ketika mengunjungi Jambi. Tak hanya menyediakan arena rafting menantang, tempat ini juga kaya akan sederet potensi wisata alam lainnya. Keindahan dan keunikan panoramanya membuat Geopark jadi salah satu tujuan populer di antara wisatawan.

Tak heran jika kawasan wisata di Merangin ini dijadikan ikon wisata setempat dan terus dipromosikan pemerintah setempat ke UNESCO agar segera dicanangkan sebagai situs warisan dunia.

Serunya Uji Nyali dengan Arung Jeram

Arung jeram di sekitar Geopark (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Salam basah seru! Demikian sapaan akrab yang biasa dipekikkan para pegiat olah raga arung jeram alias rafting. Teman Traveler bisa merasakan serunya sensasi mengarungi jeram di sekitar kawasan Geopark Merangin. Diperkirakan arus sungai di sini membentang hingga sepanjang 13 kilometer, dengan beragam jenis jeram menantang.

Tak perlu khawatir jika Teman Traveler tak punya pengalaman arung jeram sebelumnya. Pengelola sudah menyediakan pemandu khusus untuk membantu kalian merasakan pengalaman seru ini. Kalian cukup membayar Rp500.000 per perahu dan coba sendari asyiknya mengarungi jeram menantang di sekitar Merangin. Harga tersebut sudah termasuk satu perahu rescue dan makan siang.

Melihat Fosil Zaman Purbakala

Fosil tumbuhan zaman purba (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Sebagai kawasan yang masuk wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), nuansa alami di Geopark Merangin masih sangat terjaga. Teman Traveler bahkan bisa melihat sederet fosil tumbuhan purbakala di sekitar sini. Fosil-fosil tersebut tersebar di sepanjang aliran sungai.

Hal ini membuat kawasan Merangin kerap mendapat perhatian lebih dari para ahli geologi. Salah satu fosil terkenal di tempat ini adalah fosil batang kayu berumur jutaan tahun. Fosil ini mulanya ditemukan masyarakat sekitar. Setelah diteliti, keluarlah perkiraan yang mengatakan fosil tersebut terbentuk dari letusan gunung berapi 20 juta tahun lalu, setelah sebuah pohon purba tertimbun abu vulkanik setebal tujuh meter.

Pesona Air Terjun Tujuh Tingkat

Air terjun mini di sekitar geopark (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Wisata alam lain yang bisa dikunjungi di Geopark adalah air terjun tujuh tingkat dengan tinggi sekitar 40 meter. Masing-masing tingkatan dipisahkan bebatuan dan rumput hijau. Jika Teman Traveler melakukan rafting, kalian bisa melihat aliran air terjun tersebut berakhir di Sungai Batang Merangin.

Teman Traveler bisa menikmati keindahan Air Terjun Tujuh Tingkat ini sembari duduk santai. Sembari menyantap hidangan makan siang bersama keluarga maupun sahabat. Tentu bakal jadi pengalaman liburan tak terlupakan.

Penginapan dengan Nuansa Alam

Pengelola Geopark Merangin juga menyediakan beberapa homestay bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini. Tarifnya berkisar di angka Rp300.000 per malam. Jika ingin lebih hemat, Teman Traveler bisa mendirikan tenda di area camping ground. Tidak ada tarif khusus, namun kalian bisa memberi sumbangan seikhlasnya pada masyarakat sekitar.

Itulah sedikit ulasan mengenai pesona indah Geopark Merangin. Berbagai panorama elok yang disajikan merupakan sebuah pemandangan kelas dunia. Maka sudah selayaknya jika wisata ini masuk dalam list tempat liburan Teman Traveler tahun ini. Kalian setuju?