Gendar Pecel, Kuliner Tradisional Khas Jawa Tengah yang Makin Langka

Indonesia tidak hanya kaya akan keindahan alamnya yang luar biasa. Kuliner khas tanah air juga tak kalah memanjakan lidah serta perut. Bahkan, ada beberapa menu yang berhasil mencuri perhatian dunia. Sayangnya, tidak semua kuliner tradisional mampu bertahan. Ada juga yang makin susah ditemukan. Seperti satu ini!

Menu Pecel Khas Jawa Tengah

Gendar pecel di Pasar Wonogiri
Gendar pecel di Pasar Wonogiri [image source]
Namanya Gendar Pecel, kuliner yang sangat populer di kawasan Salatiga, Boyolali dan Solo. Menu satu ini masih menggunakan olahan sayur yang berbalut bumbu kacang. Biasanya, makanan ini disajikan dengan potongan lontong yang bertekstur lebih dan kenyal dan gurih. Potongan lontong tersebut dikukus setelah dicampur dengan ragi. Bagaimana, sudah pernah mencoba menu satu ini?

Gendar pecel Kraton Solo
Gendar pecel Kraton Solo [image source]

Isian Gendar yang Menyehatkan

Ilustrasi gendar pecel solo
Ilustrasi gendar pecel solo [image source]
Sayuran yang menjadi isian utama di Gendar Pecel sangat beragam. Ada jembak atau selada air, kecambah, kenikir, kecipir, bunga turi, kol, bayam dan daun adas yang khas banget di Jawa Tengah. Semua sayuran diletakkan di atas daun pisang dan disiram dengan sambal kacang. Untuk level kepedasan, tentu saja bisa langsung pesan kepada penjual. Tergantung selera yang kamu inginkan.

Ilustrasi gendar pecel boyolali
Ilustrasi gendar pecel boyolali [image source]

Hanya Ada di Pasar-Pasar Tradisional

Ilustrasi Gendar Pecel Wonogiri
Ilustrasi Gendar Pecel Wonogiri [image source]
Hidangan lezat yang bisa dijadikan pengganti nasi ini memang tidak mudah lagi ditemukan di tepi jalan. Namun, kamu bisa menyusuri pasar tradisional di Boyolali, Semarang, Solo dan juga Wonogiri. Di kota-kota tersebut terkenal dengan gendarnya yang enak dan masih bertahan meski bersaing dengan banyaknya kuliner baru.

Gendar pecel di Wonogiri
Gendar pecel di Wonogiri [image source]

Dijajakan Oleh Nenek-Nenek

Gendar Pecel Mbak Painah
Gendar Pecel Mbak Painah [image source]
Yang menarik dari Gendar Pecel ini adalah penjualnya. Hampir sebagian besar dari mereka sudah berumur. Salah satunya Mbah Painah, yang setengah abad menawarkan kuliner tradisional ini di Kota Solo. Hingga artikel ini ditulis, harga makanan buatan Mbah Painah dibanderol dengan harga Rp4.000. Ada juga kedai Mak Sam yang berada di kawasan Mangkunegarawan.

Gendar Pecel Mak Sam
Gendar Pecel Mak Sam [image source]
Sebelum makin punah, yuk makin gemari berburu kuliner tradisional seperti Gendar Pecel. Selain melestarikan makanan tanah air, kamu tak akan menyesal setelah menikmatinya.

Tags
Boyolali Indonesia Jawa Tengah kuliner semarang Solo Wonogiri
Share