Gence Lais Tenggarong, Kuliner Khas di Rumah Makan Legendaris

Advertisement

Kalimantan merupakan pulau yang sangat luas bahkan terdapat 3 negara yang mendudukinya, Indonesia, Brunei, dan Malaysia. Luasnya pulau ini sejalan dengan luasnya daftar kuliner yang patut Teman Traveler icip. Sebut saja gence lais yang bisa ditemukan di Tenggarong. Jangan sampai makanan satu ini terlewat dari perhatian Teman Traveler. Ingin tahu di mana bisa mendapatkan gence lais yang legendaris? Yuk disimak ulasan berikut!

Rumah Makan Legendaris

Berada di Tepian Sungai Mahakam via Instagram @kasmannn18

Rumah makan ini berada di tepian Sungai Mahakam tepatnya di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 16 Timbau. Tempat makan ini bisa dikatakan legendaris karena masih bertahan hingga kini semenjak dibuka hampir setengah abad lalu. Menu yang ditawarkan pun selalu mempertahankan kualitas dan memiliki citarasa sedap yang tak lekang oleh waktu. Tak heran banyak penikmat setia bahkan hingga kini.

Gence Lais khas Tenggarong

Gence Lais
Ilustrasi Gence Lais via Instagram @sasmitaedo

Tidak afdol rasanya jika mampir ke rumah makan ini tetapi tidak menjajal menu andalannya, gence lais. Gence memiliki arti bakar, sedangkan lais adalah sebutan untuk ikan lelais merupakan ikan air tawar berbentuk pipih memanjang dengan kepala menyerupai kerucut. Gence lais biasanya disantap dengan sambal mangga. Keistimewaan gence lais terletak pada bumbu racikan sang pemilik rumah makan.

Ragam Menu Tepian Pandan

Udang Galah Bakar via Instagram @windy_winove

Tidak hanya gence lais, rumah makan Tepian Pandan menawarkan berbagai menu lainnya. Kebanyakan yang disediakan adalah seafood seperti udang galah, ikan patin, gabus, jelawat, udang. Teman Traveler bisa menentukan metode memasak apa yang diinginkan, bisa digoreng atau dibakar. Lalu bisa memilih bumbu yang ingin dinikmati seperti saus asam manis, saus padang, saus lada hitam. Bagi yang bukan penggemar seafood bisa menyantap sate ayam dan sate daging sapi. Disediakan juga sayur seperti cah kangkung dan bening untuk penyeimbang makan seafood.

Dekat dengan Museum Mulawarman

Kawasan Museum Mulawarman via Instagram @uptimusprime10

Lokasi rumah makan Tepian Pandan berada di seberang Museum Mulawarman. Teman Traveler yang mengunjungi museum ini, bisa memuaskan rasa lapar di tempat makan ini.

Nah setelah membaca ulasan di atas, apakah Teman Traveler sudah siap berangkat ke Tenggarong? Jangan lupa menjajal gence lais ya.

Advertisement
Tags
Gence Lais Indonesia kalimatan timur kuliner Tenggarong
Share