4 Gempa Susulan Terbanyak di Indonesia, Ambon 66 Kali

Gempa Ambon yang terjadi 26 September 2019 kemarin menggemparkan seluruh warga Indonesia. Dengan kekuatan 6,8 SR, gempa tersebut mampu merusak hampir seluruh gedung dan fasilitas yang ada di Ambon. Parahnya lagi, ada puluhan kali gempa susulan yang terjadi. Namun, ada banyak daerah lain yang mengalami gempa susulan lebih banyak. Contohnya seperti di bawah ini. 

Palu yang Alami Gempa Susulan Sebanyak 543 Kali 

gempa ambon
Gempa Palu via instagram/andre_tubagus

Kota yang terbanyak mengalami gempa susulan adalah Palu. Kota ini mengalami 543 kali gempa susulan setelah tsunami menerjang pada tahun 2018 lalu. Namun, dari ratusan guncangan tersebut, hanya ada 18 gempa yang dapat dirasakan. Selebihnya, hanya gempa kecil dengan waktu sepersekian detik. 

Lombok dengan 451 Gempa Susulan 

gempa ambon
Gempa Lombok via instagram/prinfo_baya

Teman Traveler tentu masih ingat dengan Gempa Lombok yang terjadi di Bulan Agustus 2018 lalu. Ternyata, gempa tersebut tak hanya merusak sebagian besar pulau indah tersebut. Namun, juga ada sekitar 451 gempa susulan yang membuat warga setempat enggan untuk tidur di dalam rumah atau gedung lainnya. 

Ambon yang Mengalami 66 Kali Gempa Susulan 

Gempa Ambon via instagram/sinergiid 

Gempa Ambon yang terjadi baru-baru ini ternyata masuk ke dalam list gempa susulan terbanyak. Menurut info dari BMKG setempat, gempa susulan yang terjadi adalah sebanyak 66 kali. Dengan magnitudo terbesar adalah 5,6 SR dan paling kecil yaitu 3,0 SR. Dari data ini bisa dipastikan bahwa hampir keseluruhan gempa dapat dirasakan.

Halmahera yang Mengalami Gempa Susulan 52 Kali 

gempa ambon
Gempa Halmahera via instagram/dmcdompetdhuafa

Gempa Halmahera yang berlangsung tanggal 14 Juli 2019 lalu ternyata juga menimbulkan guncangan susulan dengan jumlah cukup banyak. Yaitu 52 kali menurut pantauan BMKG setempat. Aktivitas gempa susulan itu terjadi dengan magnitudo terbesar 5.8 SR dan magnitudo terkecil 3,1 SR. Sebanyak 28 gempa di antaranya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Gempa susulan atau biasa disebut sebagai aftershock memang kerap terjadi setelah gempa besar atau tsunami. Namun, untuk banyak atau sedikitnya tidak dapat diprediksi lantaran ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Untuk wilayah Ambon dan sekitarnya, semoga tidak ada gempa susulan kembali, sehingga masyarakat setempat tidak perlu khawatir lagi. 

Tags
gempa ambon gempa susulan terbanyak di indonesia Indonesia info terbaru
Share