Bukan Eropa, Gedung Kuno Instagenic Ini Ada di Medan Lho!

Fakta bahwa Medan pernah dijadikan pusat pemerintahan sebuah kerajaan Melayu Kesultanan Deli membuat kota ini memiliki nilai budaya dan sejarah menarik. Terlebih usianya yang telah mencapai lebih dari 400 tahun. Liburan ke sini jangan hanya mencicip kuliner khas Medan saja, kalian bisa mampir ke sejumlah gedung kuno instagenic di Medan berikut yang cocok dijadikan sebagai lokasi hunting foto. Ini dia daftarnya!

Kantor Pos Medan

Kantor Pos Medan, via Instagram/vanyakanya

Bangunan ikonik bergaya kolonial ini merupakan gedung Kantor Pos yang didirikan pada masa kepemimpinan Residen J. Ballot. Berada di pusat kota tepatnya di Jl. Pos No.1, Kesawan, Medan Barat membuat tak sulit bagi wisatawan menemukannya. Gedung yang dibangun sejak tahun 1911 tersebut kini telah berusia 1 abad lebih.

Karena tampilannya yang kuno, tak sedikit wisatawan yang mengambil foto dengan latar belakang gedung ikonik ini. Namun Teman Traveler harus berhati-hati jika ingin selfie. Karena banyak kendaraan yang berlalu-lalang, usahakan untuk mengambil foto dari jarak jauh agar tetap aman.

London Sumatera (Lonsum)

Lonsum, via Instagram/rifkyprimadhany

Cukup berjalan kaki selama 5 menit dari Kantor Pos Medan, Teman Traveler sudah bisa sampai ke gedung bersejarah lainnya bernama London Sumatera atau kerap disapa Lonsum. Juga bergaya kolonial, bangunan ini terletak di Jl. Ahmad Yani No.2, Kesawan.

Bak di Eropa, dulunya gedung ini berfungsi sebagai kantor perdagangan dan perkebunan dan dibangun pada tahun 1906. Bangunan Lonsum yang klasik membuatnya terlihat seperti gedung-gedung di London pada abad ke 18-19. Sampai sekarang Lonsum masih berfungsi sebagai gedung perkantoran sehingga tak sembarang orang bisa masuk ke dalamnya.

Bank Indonesia

Bank Indonesia, via Instagram/ebenezersimanullang

Selanjutnya ada gedung Bank Indonesia yang juga menjadi bangunan bersejarah Medan yang didirikan pada tahun 1906 oleh arsitek Belanda. Hingga sekarang gedung megah ini masih kokoh berdiri dan terawat dengan baik. Ditahun 2000 gedung ini pernah alami perbaikan besar dimana kubah yang ada di tahun 1956 dihilangkan lalu dipasang kembali.

Gedung BKS-PPS

Gedung kuno di Medan, via Instagram/romerosng

Saksi sejarah lain yang dapat Teman Traveler temui di Medan yakni Gedung BKS-PPS yang merupakan akronim dari Badan Kerjasama Perusahaan Perkebunan Sumatera. Bangunan bernuansa Eropa itu dibangun pada tahun 1918 dan telah berusia 1 abad.

Bangunan yang juga dikenal sebagai gedung AVROS (Algemeene Vereeniging can Rubberplanters ter Oostkusst van Sumatera) berikut sempat menjadi lokasi pembayaran upah para buruh kontrak yang bekerja di perkebunan karet dan tembakau. Hingga sekarang, gedung BKS-PPS berfungsi menjadi pusat penelitian tanaman keras kelapa sawit.

Itulah deretan gedung kuno instagenic yang ada di Medan. Berasa menginjakkan kaki di Eropa kan? Tertarik untuk selfie di sini?

Tags
Gedung Kuno Gedung Kuno Medan Indonesia Medan Sumatera Utara Wisata
Share