Gedung Budaya Sabilulungan, Termegah di Jawa Barat

Kota Bandung sudah lama dikenal sebagai salah satu pusat fashion,
seni, produk kreativitas, musik, dan pop culture. Hal tersebut didukung adanya beberapa fasilitas megah bernuansa kebudayaan. Salah satunya adalah Gedung Budaya Sabilulungan.

Usut punya usut, gedung ini adalah salah satu yang termegah di Jawa Barat. Di dalamnya, Teman Traveler bisa menyaksikan sendiri aneka warisan seni khas Sunda dan sekitarnya. Penasaran? Yuk, simak pengalaman saya jalan-jalan di Gedung Budaya Sabilulungan.

Tempat Digelarnya Pertunjukan Seni Budaya

Gedung Budaya Sabilulungan (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Gedung ini dibangun pada 2010 dan diresmikan tepat 20 Mei 2014. Lokasinya berada di Jalan Al Fathu-Soreang, tak jauh dari Kantor
Pemkab Bandung. Keberadaanya sangat bermanfaat untuk masyarakat, kerap difungsikan sebagai venue pertunjukan musik, teater, pelatihan seni ataupun acara lainnya.

Deretan wayang golek (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Begitu masuk ke gedung ini, Teman Traveler akan disambut pameran aneka produk kerajinan tangan, budaya dan kesenian khas masyarakat Bumi Parahyangan, seperti wayang golek.

Kaulinan Lembur yang Unik

Selain berperan sebagai wadah pengembangan seni budaya dan interaksi masyarakat, Gedung Seni Sabilulungan juga memiliki satu fasilitas menarik bernama Kaulinan Lembur.

Kawasan ini dihiasi seni instalasi berukuran besar yang dibangun menyerupai bentuk alat permainan tradisional khas Parahyangan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk edukasi anak-anak terhadap permainan zaman dulu, yang kini sudah terkikis waktu dan mulai ditinggalkan.

Permainan Egrang

Berfoto di Kaulinan Lembur (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Kaulinan Lembur dibagi berdasarkan beberapa jenis permainan. Di area Egrang, Teman Traveler bisa melihat deretan instalasi seni berbentuk egrang yang unik.

Permainan egrang sendiri memiliki banyak nilai positif Teman Traveler. Selain mengasah ketangkasan, fisik, dan melatih strategi, permainan ini juga bagus untuk mengajarkan sportivitas pada anak sejak dini.

Congklak Juga Tak Kalah Menarik

Berfoto di area congklak (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa melihat congklak raksasa lho di sini. Dikemas dengan corak warna-warni, dengan motif menarik. Oke banget untuk berfoto-foto, terutama bagi kalian yang hobi memperbarui feed Instagram.

Di sisi lain, keberadaan instalasi seni ini juga memberikan gambaran baru soal seni dan budaya masyarakat Sunda. Banyak pelajaran positif yang bisa dipetik. Sangat cocok jika Teman Traveler mengajak buah hati maupun keluarga besar ke sini.

Instalasi Seni Catur Halma

Berfoto di instalasi seni halma (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Sebelum pulang, jangan lewatkan untuk berfoto di area seni instalasi halma. Usahakan datang sekitar sore hari, karena langit di sekitarnya akan tampak lebih indah.

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan di Gedung Budaya Sabilulungan. Bagi Teman Traveler yang sudah sering keliling wisata Bandung namun ingin merasakan pesona berbeda, tak ada salahnya mampir ke sini. Bagaimana, mau ajak siapa, nih?

Tags
Bandung kontributor Travelingyuk wisata bandung
Share