Aneh Tapi Nyata, Gedung Bengkok di Polandia

Advertisement

Traveler yang suka dengan seni arsitektur ada baiknya berkunjung ke Polandia. Ada kawasan perkantoran dan pertokoan yang punya bangunan dengan bentuk yang bikin mata terbelalak. Inilah Krzywy Domek, kawasan yang penuh gedung-gedung bengkok yang secara logika cukup mustahil bangunan tersebut memiliki struktur yang kuat.

Inilah seni dan keajaiban arsitektur, bahkan bangunan yang terlihat mustahil layaknya lukisan abstrak atau editan photoshop bisa dibuat di dunia nyata. Buktinya berada di Kota Sopot, Polandia. Komplek perkantoran dan pertokoan di sana dibuat aneh dengan bentuk bengkok-bengkok seperti ilusi mata padahal aslinya memang begitu.

Krzywy Domek, via instagram
Krzywy Domek, via instagram

Krzywy Domek tidak hanya menawarkan wisata belanja saja bagi traveler namun juga menyuguhkan seni arsitektur bernilai tinggi yang sulit diterima akal logika. Pasalnya secara kasat mata bangunan-bangunan di kompleks tersebut dibuat meliuk-liuk bak gambar lukisan. Seperti dilansir Travelingyuk dari situs Krzywy Domek, komplek bangunan aneh ini terdiri dari pertokoan, salon, klinik, serta restoran dan pub.

Krzywy Domek adalah komplek perkantoran dan prtokoan di Polandia, via instagram
Krzywy Domek adalah komplek perkantoran dan pertokoan di Polandia, via instagram

Dibangun pada tahun 2004 oleh perusahaan arsitektur Polandia bernama Szotynscy & Zaleski, Krzywy Domek sontak menjadi suguhan tersendiri bagi warga sekitar dan juga wisatawan yang datang ke kota Sopot. Para perancang bangunan nyentrik ini mengaku terinspirasi oleh ilustrasi negeri dongeng yang dibuat oleh Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg, begitu keterangan yang tertulis di laman resminya.

Kawasan ini sangat ramai dikunjungi pada malam hari. Umumnya mereka datang dengan berbagai tujuan yang berbeda. Ada yang berbelanja di toko-toko yang berderet ada pula yang makan di restoran-restorannya. Krzywy Domek juga tercatat sebagai bangunan paling unik sedunia menurut CNN.

Kawasan ini memiliki bangunan yang unik yang bentuknya meliuk-liuk, via instagram
Kawasan ini memiliki bangunan yang unik yang bentuknya meliuk-liuk, via instagram

Bukan hal yang mengagetkan jika kemudian kawasan ini menjadi sangat populer dikunjungi traveler yang berada di Polandia. Lebih menarik lagi Krzywy Domek juga memiliki Wall of Fame seperti di Hollywood hanya saja isinya bukan tanda tangan artis melainkan tanda tangan warga dan traveler yang turut dalam pembuatan serta peresmian bangunan itu. Inilah tempat wajib kunjung yang harus masuk dalam daftar itinerarymu saat liburan di Polandia.

Advertisement
Tags
Gedung Luar negeri Polandia
Share