Candi Gedong Songo, Wisata Sejuk dengan Cerita Sejarah di Semarang

Advertisement

Sebagai salah satu negara dengan banyak kerajaan, Indonesia memiliki ratusan candi yang tersebar di seluruh wilayah tanah air. Beberapa di antaranya sudah terkenal dan keberadaannya dikelola dengan sangat baik. Salah satunya adalah Candi Gedong Songo yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Candi yang bertumpuk-tumpuk ini menjadi keunikannya tersendiri. Berikut adalah cerita dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara setelah jalan-jalan di Semarang. Simak lebih lanjut, yuk.

Bukan 9 Candi

Halaman Depan Candi
Halaman Depan Candi Gedong Songo (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Tak seperti namanya, Teman Traveler hanya disuguhkan 6 candi yang masih berdiri dengan sangat kokoh. Candi ini berada di lokasi dengan ketiggian sekitar 1200 mdpl. Karena itulah hawa di wisata ini sangat sejuk. Teman Traveler yang senang dengan tantangan bisa mengelilingi candi  dengan trekking. Mulai dari candi Gedong I hingga Gedong V. Medannya yang menantang menarik untuk ditaklukkan.

Wahana yang disajikan pun sudah mulai beragam dan sudah kekinian seperti balon udara yang belum ada di tempat wisata lainnya. Lainnya juga ada taman bantal dan berbagai macam spot kekinian yang membuat feed instagrammu semakin kece.

Dikelilingi Wisata Keren Lainnya

Candi candi di Gedong Songo (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Menapaki Gedong I, Teman Traveler akan disuguhi dengan wahana baru yaitu Ayana Gedong Songo. Untuk masuk ke wahana baru ini, Teman Traveler harus membayar sekitar Rp20 ribu. Jalanan menanjak dan sawah-sawah kecil yang terhampar menjadi pemandangan di kanan kiri. Beberapa warung-warung berderet pun siap melegakan dahaga dan lapar para pengunjung.

Kalau lelah berjalan, wisata ini juga menyiapkan jasa kuda untuk berkeliling. Kuda yang begitu ramah siap mengantar pengunjung dengan harga Rp80 ribu untuk paket lengkap. Boleh juga nih Teman Traveler melanjutkan perjalanan ke Gunun ungaran. Candi Cetho, Candi Gedong Songo juga bisa digunakan sebagai titik awal pendakian. Seru banget, kan?

Sejuk dan Murah Meriah

Taman
Taman di Candi Gedong Songo (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Candi Gedong Songo buka dari jam 7 pagi hingga pukul 5 sore. Saat musim liburan, wisata ini malah buka hingga malam hari. Sunset di wisata ini juga sayang untuk dilewatkan. Teman Traveler juga bisa camping di sini, lho. Harga tiket masuk saat hari biasa berkisar Rp6 ribu dan hari libur berkisar Rp7,5ribu rupiah.

Candi Gedong Songo juga menyediakan pemandian air panas yang waijib untuk dicoba. Hanya dengan membayar Rp5 ribu, para wisatawan bisa berendam dan menikmati kesejukan udara Gunung Ungaran. Pemandian ini berada di antara Gedong IV dan Gedong V. Hati-hati, tanjakan di kawasan ini cukup tinggi, ya.

Lokasi Candi Gedong Songo

Candi
Candi di Gedong Songo (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

 

Cand Gedong Songo berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Kompleks ini berada di 45 km dari pusat kota Semarang. Sayangnya, belum ada angkutan umum yang bisa mengantar Teman Traveler ke wisata ini.

Arahkan kendaraan menuju ke arah Bandungan. Jalanan yang menanjak dan berkelok, membuat Teman Traveler harus sedikit berhati-hati dan pastikan kondisi kendaraan cukup oke menuju ke kawasan dengan ketinggian 1200 mdpl.

Candi Gedong Songo adalah sebuah kompleks wisata yang sangat lengkap. Semua generasi pun bisa bersenang-senang di wisata ini. Bagaimana, kapan nih Teman Traveler berkunjung ke Semarang?

Advertisement
Tags
gedong songo Indonesia Jawa Tengah semarang Travelingyuk Wisata
Share