Garang Asem Pedas Bu Parti, Paling Dicari di Ponorogo

Advertisement

Garang asem sejatinya merupakan makanan khas dari Jawa Tengah. Hidangan ini pada dasarnya adalah ayam yang diberi bumbu-bumbu khas, kemudian dimasak dengan santan. Yang jadi cirinya adalah cara memasak yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus.

Gurih, segar, dan seringkali pedas jadi rasa yang bisa didapatkan saat menikmati garang asem. Nah, di Jawa Timur ternyata ada juga tempat makan garang asem yang legendaris. Tepatnya ada di Ponorogo. Di manakah itu?

RM Garang Asem Bu Parti

Foto via Instagram @placestogoindonesia

Rumah Makan Garang Asem Bu Parti berlokasi di Mantup, Ngasinan, Jetis, Ponorogo. Tepatnya di Jalan Brawijaya, barat perempatan Ngasinan. Tempatnya memang sederhana, seperti rumah biasa dengan spanduk dan plang nama. Tapi jangan salah, rumah makan ini selalu diserbu pembeli.

Ratusan Ekor Laku Setiap Hari

Foto via Instagram @liasafit3

Garang asemnya bikin jatuh cinta. Tak hanya khas dengan asem segarnya, tapi garang asem Bu Parti ini juga punya rasa pedas yang ngangenin. Meski bikin keringetan tapi selalu sukses bikin keingetan, lalu kembali datang untuk beli lagi. Konon, di rumah makan ini setiap harinya selalu menghabiskan 200 potong ayam.

Menu di RM Bu Parti

Foto via Instagram @siadsukarno

Yang paling wajib dicoba tentu saja garang asem pedasnya. Meski ada juga pilihan lain, seperti garang asem jeroan dan tawon. Selain itu ada juga olahan lain seperti pindang kikil, pindang iga sapi, nila goreng, dan bandeng. Semuanya wajib dicoba deh, selagi ada di Ponorogo.

Saking laris dan legendarisnya kuliner ini, ada juga lho beberapa penjual yang menyediakan jastip (jasa titip) Garang Asem Bu Parti. Wah, cocok nih buat yang kangen dan cocok dengan garang asem dari Ponorogo. Kabarnya, Presiden Jokowi juga pernah makan garang asem Bu Parti ini loh.

Advertisement
Tags
Garang Asem Garang Asem Pedas Bu Parti kuliner jawa timur Kuliner Legendaris kuliner ponorogo
Share