Mencoba Garang Asem di Prigen, Nikmatnya Juara!

Hawa dingin di Prigen, Pasuruan sangat cocok jika ditemani dengan kuliner yang hangat dan nikmat. Makanan berkuah seperti bakso dan kupang sudah biasa dikonsumsi saat hawa dingin melanda. Kalau kamu ingin mencoba makanan yang berbeda di Pasuruan, tak ada salahnya mencoba kuliner khas Jawa Tengah yaitu Garang Asem di Prigen.

1. Lokasi Warung dan Pemiliknya yang asli Jawa Tengah

Garang Asem Bu Sumiati (c) Ariza Ekky Saputri/Travelingyuk.com

Warung Garang Asem Bu Sumiati ini berlokasi di daerah Plembon. Letaknya sebelum ke Pasar Prigen kalau dari arah Pandaan. Warung Garang Asem di Prigen ini memang terkesan kurang begitu menarik, tapi menu yang ditawarkan bisa membuat penasaran. Sang pemilik warung, Bu Sumiati adalah orang Jawa Tengah asli yang tinggal di Pandaan yang sudah berjualan sejak dulu. Warung ini buka dari jam 12 siang sampai sore hari.

2. Cita rasa khas Jawa Tengah yang istimewa

Garang Asem Bu Sumiati (c) Ariza Ekky Saputri/Travelingyuk.com

Di sini tentu menu andalannya adalah Garang Asem. Kamu bisa memilih isiannya mau ayam atau jeroan ayam. Ayam yang dipakai adalah ayam kampung karena rasanya yang gurih dan tidak gemuk. Dagingnya pun empuk karena proses masaknya lama. Sangat direkomendasikan mencoba Garang Asem dengan isi jeroan karena lebih enak dan bumbunya yang meresap sempurna. Apalagi ditambah dengan nikmatnya tambahan tomat dan cabe yang masih utuh.

Garang Asem Bu Sumiati (c) Ariza Ekky Saputri/Travelingyuk.com

Selain itu warung ini juga menjual lauk seperti tempe, tahu, dan ikan. Sambal spesial di sini adalah sambal mentahnya yang diberi jeruk nipis yang semakin menambah selera makan. Apalagi kalau dipadukan dengan ikan goreng dan nasi hangat. Sedangkan untuk minumannya tersedia teh, kopi, dan jeruk.

3. Tempatnya yang terasa nyaman

Garang Asem Bu Sumiati (c) Ariza Ekky Saputri/Travelingyuk.com

Tempat duduk di Warung ini disediakan lesehan dan maksimal cukup untuk 8 orang. Sedangkan untuk kursi dan meja cukup untuk 6 orang. Warung ini cenderung sepi dan agak gelap tapi dengan begitu kamu bisa lebih menikmati pemandangan kebun bunga dan sawah di sekitarnya. Dapurnya berkonsep open kitchen dan terletak di samping pintu masuk.

Garang Asem Bu Sumiati (c) Ariza Ekky Saputri/Travelingyuk.com

Total harga makanan yang ditawarkan bisa dibilang terjangkau. Dengan memesan 3 garang asem, 1 ikan goreng, 2 tempe berukuran besar, 1 tahu,  2 sambal mentah, 4 nasi putih, 3 jeruk hangat, dan 3 kerupuk hanya menghabiskan 88 ribu rupiah. Kenyang, murah, dan puas, bukan?

Kalau kamu lagi jalan-jalan ke Pasuruan, sempatkan datang ke Warung Garang Asem di Prigen. Dijamin perut kenyang dan bikin ketagihan. Selamat mencoba Teman Traveler!

Tags
Garang Asem Kuliner Pasuruan Prigen
Share