Galian Panggunguni, Replika Kelimutu di Tulungagung?

Selain miliki sejumlah pantai dan pegunungan cantik, Kabupaten Tulungagung juga menelurkan sejumlah wisata anyar nan fenomenal. Salah satunya adalah Galian Panggunguni. Sesuai namanya, tempat ini dahulu merupakan lubang bekas galian tambang yang kini membentuk danau cantik.

Perairan di sini konon bakal memancarkan corak hijau nan cantik ketika diterpa sinar matahari. Hal ini lantas membuat beberapa orang menjulukinya sebagai replika Danau Kelimutu. Teman Traveler penasaran? Yuk, simak pengalaman saya menjelajah wisata Galian Panggunguni.

Berada di Kawasan Krebet

galian panggunguni
Bekas galian tambang di Panggunguni (c) Zhella/Travelingyuk

Objek wisata ini terletak di Bukit Puthuk Krebet, Desa Panggunguni, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk menuju sini Teman Traveler harus menempuh perjalanan sekitar 50 menit dari pusat kota. Kalian bakal melintasi jalur sepanjang kurang lebih 24 km.

Pastikan kendaraan dalam kondisi baik. Selain itu siapkan stamina Teman Traveler, sebab wisata ini berada di wilayah perbukitan.

Tiket Masuk Murah

jalan_menuju_tambang_jNx.jpg
Jalan menuju objek wisata (c) Zhella/Travelingyuk

Soal tiket masuk, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp5.000-an untuk jasa penitipan sepeda motor. Lantaran masih tergolong baru, Teman Traveler takkan menemukan banyak fasilitas di sini. Sebagai catatan, aktivitas penambangan di sini baru dimulai sejak 2010 dan berhenti dua tahun berselang.

Kawasan galian satu ini memiliki luas kurang lebih sekitar tujuh hektar. Untuk sampai di lokasi utama, Teman Traveler masih harus berjalan sejauh kurang lebih 300 meter dari parkiran. Kalian bakal melewati melewati rimbunan pohon dengan semak belukar di sisi kanan dan kiri jalan.

Siapkan Alas Kaki Nyaman

melihat_tambang_MMT.jpg
Batuan terjal menuju lokasi danau (c) Zhella/Travelingyuk

Begitu melewati rimbunan semak belukar, Teman Traveler akan disuguhi jalur berbatu nan terjal. Oleh karena itu kalian sebaiknya jangan berkunjung ke sini saat musim hujan karena medan sekitar bisa sangat licin. Selain itu jangan lupa mengenakan alas kaki nyaman agar perjalanan kalian makin lancar. Boleh juga membawa payung demi melindungi kulit dari teriknya sinar mentari.

Spot Populer untuk Berfoto

galian panggunguni
Berfoto di samping telaga (c) Zhella/Travelingyuk

Meskipun jalur yang harus dilalui cukup ekstrem, hal ini sama sekali tak menyurutkan niat pengunjung untuk mampir ke Galian Panggunguni. Bahkan tak sedikit wisatawan yang datang dari luar daerah, seperti Kediri dan Trenggalek. Tak sedikit pula yang mengajak serta keluarga maupun sahabat dekat. Mereka biasanya habiskan waktu di sini sembari mengabadikan eksotisme lingkungan sekitar, sekaligus berswafoto ria.

Galian Panggunguni memiliki beberapa danau. Masing-masing punya corak warna berbeda, ada yang coklat kehitaman-hitaman, hijau, dan biru. Namun dalam kunjungan kali ini, saya hanya mampir di telaga yang berwarna kehijauan.

Sayangnya, hingga kini belum ada penelitian terkait fenomena warna unik yang muncul di sini. Namun menurut beberapa warga corak itu berasal dari keberadaan batu alam di dasar danau.

Nah, buat Teman Traveler yang hobi mengoleksi batu akik, di sini kalian bisa menemukan banyak penjual batu alam. Jenis yang sering ditawarkan adalah pirus lazuly, yang dulunya aktif ditambang oleh masyarakat sekitar.

Itulah sedikit pengalaman saya berkunjung ke Galian Panggunguni, yang disebut-sebut sebagai replika Danau Kelimutu. Jika Teman Traveler sedang liburan di Tulungagung, jangan lewatkan destinasi satu ini ya.

Tags
Galian Panggunguni kontributor Travelingyuk Tulungagung Wisata Wisata Tulungagung
Share