Tangkuban Perahu Penggaet Wisatawan Mancanegara

DWI WAHYU INTANI
29, May 2019
Kawah Ratu

Gunung Tangkuban Perahu memiliki 9 kawah dan 3 diantaranya sangat terkenal yaitu kawah ratu, domas dan upas. Kawah ratu adalah kawah utama dan terbesar dari gunung ini dan yang paling sering dikunjungi wisatawan. Lekukan dasar kawah yang sangat eksotis mengundang ketertarikan wisatawan.

Kawah aktif

Tangkuban perahu adalah gunung api yang masih aktif dan diawasi oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Kawahnya yang masih aktif mengeluarkan gas belerang dan sumber air panas seperti di Ciater, subang. Beberapa tebing kawah berwarna kuning dan kehijauan tepatnya pada rongga yang mengekuarkan belerang.

Tebing gunung

Tebing gunung ini terdiri dari pasir dan bebatuan seperti kerikil menjulang tinggi. Gunung tangkuban perahu sendiri memiliki ketinggian 2084 meter. Termasuk dalam bentuk gunung stratovulcano yang bererupsi dari arah timur ke barat mengeluarkan lava dan belerang.

Spot foto eksotis

Selain keindahan kawah, gunung tangkuban perahu juga memiliki panorama indah di sekitarnya. Hampir setiap sudutnya instagenic, rekomendasi buat para pecinta fotografi. Berkunjung di cuaca yang cerah sangat disarankan. Jam operasional adalah mulai jam 07.00 - 17.00 WIB.

Top view

Berwisata ke tangkuban perahu jangan lupa membeli oleh - oleh khas kerajinan tangan penduduk sekitar. Banyak saung - saung bambu kedai penjual menjajakan dagangan. Inilah suasana tampak atas kawasan tangkuban perahu yang massiv dengan pepohonan hijau dan potret kegiatan penduduk. Secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan sagalaherang, kabupaten subang dan kecamatan lembang, kabupaten Bandung.

Puncak salah satu sisi gunung

Memiliki kawasan yang sangat luas, jangan lupa mendatangi puncak di salah satu sisinya. Disini terdapat pepohonan unik yang intagenic seperti di lord of the ring. Karakteristik pohon seperti pohon mati dan memiliki batang yang berlekuk dan bertekstur.