Potret Warna - Warni Kampung Jodipan

DWI WAHYU INTANI
12, Jun 2019
Lorong jalan

Hiasan DIY dan mural yang atraktif memenuhi setiap sudut lorong jalan kampung jodipan. Kampung kumuh yang sebelumnya melekat berubah menjadi destinasi instagramable jujukan wisatawan. Tidak perlu mahal, biaya masuk hanya Rp 5000 bebas eksplore setiap spotnya.

Mural di pelataran rumah

Selain sambutan warna warni di lorongnya, kampung jodipan juga siap menyambut wisatawan di setiap sudut rumahnya. Seperti di teras rumah ini. Mural batik dengan paduan tanaman aneka macam, menggambarkan kekayaan alam indonesia. kreativitas ini awalnya muncul dari gagasan beberapa kelompok Mahasiswa salah satu universitas negeri di Malang untuk tugas praktikum hubungan masyarakat.

Mural Selamat Datang

Meskipun tertutup tanaman, namun keindahan mural ini masih menunjukkan harmonisasinya kekayaan nusantara. Hiasan Bunga dan desain abstrak memenuhi tembok warga dan memberi banyak makna. Seakan ingin menggambarkan keindahan serta sumber daya Indonesia. Bekerja sama dengan program corporate social responsibilities perusahaan cat semakin menambah suasana hidup perkampungan.

Rooftop view

Berada di tepi sungai brantas tepatnya di RT 06,07,09 / RW 02 Kelurahan Jodipan, Malang merupakan kampung padat penduduk. oleh karenanya bangunan disini dibangun dengan tingkat berlapis. Keindahan yang disuguhkan tidak hanya yang dipermukaan namun di setiap sudutnya. Salah satunya tampak belakang perumahan warga ini dari lantai perkampungan yang berada satu tingkat diatasnya.

Pahlawan nusantara

diresmikan tahun 2016 silam, jodipan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Selain keindahan, jodipan juga menyajikan sisi edukasi di setiap muralnya. Salah satunya menambahkan foto pahlawan nasional ini. Tidak hanya bermanfaat bagi pengunjung, namun keberadaanya juga sangat membantu warga sekitar. Baik untuk pembelajaran anak - anak secara tidak langsung.

Mural anime

Diprakarsai oleh sekelompok anak muda yang tergabung dalam Guys-Pro, Perkampungan yang sederhana ini tampak lebih modern dengan sentuhan anime khas gaya kanca muda. Simpel namun sangat berkesan.

Pesan perpisahan

Tak hanya sambutan yang hangat, warga Jodipan juga menyisipkan salam hangat di muralnya. Ditujukan kepada para pengunjungnya untuk datang kembali. Mural ini bisa kalian temukan di pintu keluar jodipan.

Gang kelinci

Desain mural ini berada di pintu masuk jodipan, gang kelinci. Gaya kelinci yang lucu siap menyambut wisatawan. Warna - warna cerah menunjukkan antusias warga jodipan menyambut pengunjung dengan senang hati.