Ikon kota makassar

Awaluddin Isman
-
Patung pa'raga

Salah satu ikon kotq makassar yang jarang di ketahui adalah patung pa' raga yeng berada di anjungan pantai losari kota makassar, patung ini dibuat oleh pemerintah kota makassar sebagai salah satu ikon yang menggambarkan kesenian tradisional khas makassar yang keberadaannya sudah mulai jarang adanya. Sekilas kesenian ini mirip dengan olahraga sepak takraw yang sama- sama menggunakan bola rotan sebagai alat bermainnya, tetapi perbedaannya terletak pada jenisnya yangmana sepak takraw merupakan olahraga sedangkan ma'raga merupakan seni tari atau kesenian bermain masyarakat makassar. Na di patung pa'raga ini biasanya akan di pentaskan tari yang sebenarnya yangmana seniman pa'raga akan di datangkan langsung untuk bermain pa'raga. Teman-teman yang datang ke sini juga dapat belajar bagaimana tatacara bermain kesenian ini apabipa seniman pa'raga ada di lokasi. Teman-teman juga bisa berfoto di dekat patung tersebut karena patung yang terdapat di pamtai losari ini memiliki bentuk unik dan sangat menggambarkan kota makassar. Pastinya di sekitar patungini masih terdapat beberapa patung yang sangat unik dan menarik yang sayang jika tidak diabadikan dengan foto oleh teman-teman. Nah untuk itu silahkan datang dan kunjungi lokasi patung ini yah trimakasih

Adipura kota makassar

Kota makassar sebagai salah satu kota besar yang ada di Indonesia memiliki penghargaan Adipura yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada kota Makassar karena kebersihan kota makassar. Oleh karena itu sebagai bentuk rasa sukacita masyarakat kota makassar dibuatlah tugu yang melambangkan kebersihqn kota makassar tersebut yangmana tugu tersebut di kenal dengan tugu adipura makassar. Di tugu tersebut terdapat banyak sekali masyarakat yang bersantai di sekitarnya untuk menikmati suasana kota makassar, hal ini karena tugu adipura terdapat di jantung kota makassar yang sangat bersih tepatnya di anjungan pantai losari makassar. Disini teman-teman bisa melakukan banyak aktifitas seperti mencicipi jajanan khas kota mkassar seperti pisang epe, coto makassar, dan masih banyak lagi. Selain itu tempat ini sangat cocok untuk di jadikan sebagai tempat berfoto karena lokasinya yang menghadap kelaut dan lokasi yang bersih. Nah oleh karena itu teman-teman jangan melewatkan untuk berkunjung ke lokasi ini jika berkunjung ke kota makassar karena kalian akan menyesal jika tak melihat tempat ini yah.

Jembatan CPI

Di kota makassar juga terdapat icon baru yang melambangkan perubahan kota makassar ke arah yang lebih moderen dan lebih maju, ikon tersebut merupakan Jembatan center point of indonesia sebagai lambang perubahan itu memiliki makna seperti golden gate di amerika serikat sana. Jembatan yang menghubungkan daratan kota makassar dengan pulau buatan yang akan menjadi center point of i donesia ini memiliki bentuk arsitektur yang unik dan menarik, bentuk kedua ujung atap jembatan ini mendongak ke atas yang menggambarkan rumah khas sulawesi selatan yang dilihat sangat indah. Disini teman-teman bisa berfoto ataupun melihat sunset di sore hari. Tetapi keindahan utama jembatan i i terdapat pada malam hari dan dilihat dari pantai losari yang berhadapan dengan jembatan ini, jembatan cpi akan dihiasi lampu berwarna warni yang sangat indah dan bukan hanya itu saja karena letaknya di pqntqi maka cahaya yang dikeluarkan oleh jembatan tersebut akan di pantulkan oleh air sehingga akan tercipta warna yang sangat luar biasa. Oleh sebab itu teman-teman haruslah datang ke sini dan melihat jembatan cpi tersebut.

Kapal pinishi

Tentu icon yang satu ini telah menjadi icon kota makassar dan sulawesi selatan yang pada dasarnya merupakan kota yang ada di pesisir pantai, icon tersebut merupakan kapal pinishi. Kapal ini merupakan kapal yang dibuqt oleh nenekmoyang masyarakat sulawesi selatan sebagai kapal dagang, menangkap ikan, maupun kapal perang yang ketahanannya sudah sangat teruji dan kuat di lautan. Nah jika di kota makassar terdapat kapal pinishi tepatnya di pqntai losari yang sangat indah dan bisa menjadi tempat berfoto bagi pengunjung. Selain itu kita juga dapat naik di kapal ini menuju ke beberapa pulau terdekat, jika teman teman ingin naik kapal ini langsung saja datang dan berbicara dengan ABK kapal ini mereka selalu standby di kapal ini untuk melayani pengunjung yang ingin berlayar dengan kapal pinishi ini. Nah menarik bukan? Tentu jika kalian naik kapql ini kaliqn tak akan menyesal jadi silahkan datamg dan kunjungi kapal pinishi ini yah.

Masjid terapung makassar

Icon yang terdapat di kota makassar yang terakhir adalah masjid terapung yang letaknya ada di pantqi losari.masjid yang dibuat oleh pemerintah kota makassar ini dapat menjadi tempat wisata religi bagi teman-teman muslim yang akan mengunjungi kota makassar, selain itu temoat ini juga sangatlah pas jika di jadikan tempat berfoto bersama teman-teman dan keluarga. Di masjid ini terdapat ruangan untuk beribadah bagi yang akan melaksanakqn ibadah solat. Oleh sebab itu teman teman tak perlu khawatir jika tiba waktu solat di pantai losari langsung saja datang ke masjid ini. Nah menarik bukan? Tunggu apa lagi langsung saja datang dan kunjungi icon kota makassar yang ada di atas yah trimakasih.