Candi Gedong Songo

Layangseta
-
Candi Gedong 1

Candi Gedong 1 ini merupakan candi pertama yang akan kalian temukan dari 6 jajaran candi yang terdapat di kompleks Candi Gedongsingo. Konon dulu sebenarnya berjumlah sembilan.

Candi Gedong 1 Tampak Belakang

Kompleks candi ini ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804

Relief Candi Gedong Songo

Bagian belakang Candi terdapat beberapa relief yang unik yang membuat keindahan Candi menjadi kentara. Candi Gedongsongo merupakan candi yang bercorak Hindu, yang juga memiliki kemiripan dengan kompleks candi yang berada di dataran tinggi dieng.

Candi Gedong 1 Tampak Samping

Untuk bagian samping dan belakang tidak memiliki pintu. Pengunjung sebaiknya tidak naik dari sini meskipun susunan batu terlihat kokoh, tapi tidak dianjurkan. Antara Candi yang satu dan yang lain sangat berjauhan letaknya. Kalian harus berjalan kaki untuk menemukannya satu demi satu. Tapi tenang, jika kalian tidak kuat ada persewaan kuda seharga 50.000 sekali jalan dan itupun sudah ditemani oleh pawangnya sehingga sangat aman.

Landmark Pintu Masuk Candi Gedong Songo

Setelah kalian membayar tiket masuk seharga 10.000 per orang (lokal) atau 75.000(asing) kalian akan bertemu dengan landmark ini. Penampilan yang mencolok sangat cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang foto yang kece. Kompleks wisata yang berada di lereng gunung ungaran ini berhawa sejuk.