Fuji Q Highland, Wahana Bermain Ekstrem di Kaki Gunung Fuji

Fuji Q Highland, wahana bermain di kaki Gunung Fuji ini menawarkan permainan yang memicu adrenalin. Empat roller coaster di sini tercatat sebagai pemecah rekor dunia dan siap mengadu adrenalin Teman Traveler. Seperti apa wahana ekstrem di taman bermain ini? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Muthia Anindita.

Fujiyama ‘The King of Coaster’

Fujiyama
Fujiyama via fujiq.jp

Dijuluki “The King Of Coaster”, Fujiyama memecahkan rekor dunia sebagai roller coaster terpanjang dan tercepat pada saat diluncurkan di tahun 1996. Panjang totalnya mencapai 2045 meter dengan ketinggian maksimum 79 meter serta kecepatan 130 km/jam. Kapasitas satu kereta dibatasi untuk 28 orang. Dengan tiket seharga 2000 yen atau Rp265.000, Teman Traveler dapat menikmati wahana ini selama tiga menit 36 detik.

Dodonpa, Si Lengkungan Tajam

Dodonpa
Dodonpa via fastjapan.com

Saat diluncurkan pada tahun 2001, Dodonpa menggantikan Fujiyama sebagai roller coaster tercepat di dunia dengan kecepatan 180 km/jam. Bedanya, wahana ini hanya memiliki panjang 1244 meter. Pun demikian, Dodonpa berhasil memecahkan rekor dunia sebagai roller coaster dengan puncak lengkungan tertinggi di dunia yaitu 49 meter.

Untuk mengakomodasi lengkungan tersebut, jarak antara tempat duduk di badan kereta dibuat renggang, sehingga kapasitas satu kereta terbatas hanya untuk delapan orang. Sementara tiketnya seharga 2000 yen atau Rp265.000. Nah, untuk sekali naik Teman Traveler bakal merasakan adrenalin terpacu selama satu menit.

Eejanaika, 4D Roller Coaster

Eejanaika
Eejanaika via fujiq.jp

Wahana yang diluncurkan pada tahun 2006 ini juga memecahkan rekor dunia sebagai roller coaster dengan jumlah lengkungan terbanyak. Eejanaika juga dijuluki “4D roller coaster” karena tempat duduknya dapat berputar 360 derajat. Ketika bergerak dengan kecepatan 126 km/jam, Teman Traveler akan merasa seperti diayun-ayun di udara. Jumlah lengkungan inilah yang menjamin kursi kereta selalu berputar. Dengan durasi dua menit, Teman Traveler bakalan puas berada di atas wahana sepanjang 1153 meter ini. Untuk tiketnya sama, yaitu 2000 yen.

Takabisha

Takabisha
Takabisha via fastjapan.com

Takabisha diluncurkan pada tahun 2011. Tidak mau kalah dengan para pendahulunya, wahana ini pecahkan rekor dunia sebagai roller coaster dengan sudut jatuh tercuram, yaitu sebesar 121 derajat. Di awal permainan, kereta akan naik perlahan-lahan hingga mencapai ketinggian maksimum dengan sudut 90 derajat. Kemudian, akan berhenti sesaat sebelum dijatuhkan dengan kecepatan maksimum 100 km/jam. Siap-siap terkejut dan teriak, saat melintasi jalur sepanjang 1004 meter ini. Sementara waktu tempuhnya hanya 160 detik dengan biaya 2000 yen.

Tentekomai

Tentekomai
Tentekomai via fujiq.jp

Wahana tentekomai termasuk dalam kategori sky roller, di mana pengunjung duduk di satu kursi yang akan diputar pada ketinggian tertentu. Menariknya, setiap kursi dilengkapi dengan sayap yang dapat diatur gerakannya.

Fuji Q Highland
Fuji Q Highland via Fujiq.jp

Cara menggerakkannya dengan menggunakan tuas di kiri dan kanan tempat duduk. Ketika sayap bergerak, kursi akan ikut berputar ke atas dan ke bawah. Semakin cepat sayap digerakkan, semakin cepat putaran kursi hingga kursi dapat berputar 360 derajat. Jadi untuk Teman Traveler yang ingin merasakan jungkir balik di ketinggian 35 meter, wahana ini pilihannya.

Demikian lima wahana ekstrem Fuji Q Highland. Bagaimana, Teman Traveler berani untuk mencoba taman bermain di Jepang satu ini? Siap-siap adu adrenalin ya!

Tags
Gunung Fuji jepang Luar negeri wisata jepang
Share