Fremantle Market, Pasar Favorit Turis di Australia Barat yang Bikin Betah

Berkunjung ke Australia Barat, tak melulu harus mampir ke tempat wisata yang sudah mainstream. Teman Traveler bisa mencoba melipir ke Fremantle Market. Meskipun namanya pasar, tapi ada banyak hal menarik yang bisa kalian temukan di sana. Supaya kalian tak semakin penasaran, simak ulasan berikut ini, ya.

Pasar Tertua di Australia

fremantle market
Fremantle Market tampak depan (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Berdiri sejak tahun 1897, Fremantle Market adalah salah satu tempat belanja paling ikonik yang terletak di South Terrace & Henderson Street, Fremantle, Australia Barat. Kalau dari Kota Perth, kalian bisa memakan waktu sekitar 35 menit. Bangunannya yang klasik dengan warna dominan merah bata terlihat kokoh berdiri. Pasar ini juga nyaman dikunjungi karena tempatnya yang bersih dan rapi. 

Tidak Buka Setiap Hari

Fremantle Market
Suasana di dalam pasar (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Tidak seperti pasar pada umumnya, Fremantle Market hanya buka setiap hari Jumat hingga hari Minggu dan Senin saat Public Holiday. Untuk jam operasionalnya, buka pada jam 08.00 pagi hingga siang sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

Kalau ingin berkunjung ke pasar ini, disarankan untuk datang pada pagi hari karena belum ada banyak orang.  Dengan begitu, Teman Traveler bisa dengan mudah mencari kebutuhan yang ingin dibeli atau hanya sekedar window shopping.

Menjual Bahan Makanan hingga Tanaman 

fremantle market
Pedagang buah di pasar (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Ada beragam bahan makanan yang bisa kalian temukan di sini. Seperti sayur, dan buah yang tersebar di berbagai sudut pasar. Untuk buah, hampir semua pedagang juga menawarkan tester agar bisa dicicipi pelanggan terlebih dulu. Biasanya, buah yang dipersiapkan testernya adalah apel, mangga, jeruk dan plum.

fremantle market
Stand coklat (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Selain itu, ada juga stand yang menjual coklat dengan bentuk seperti irisan roti. Ada banyak varian yang dapat dicoba, seperti Coklat Mint, Raspberry Nougat, Coconut Ice, Turkish Delight hingga Ginger. Coklat-coklat ini dibanderol dengan harga rata-rata $1 per satuannya atau sekitar Rp9 ribu.

Ada pula stand khusus yang menjual tanaman unik seperti mawar berwarna gradasi pelangi sampai dengan hitam. Dijual dengan harga $5 atau Rp47 ribu per tangkainya. Namun sayangnya, bunga-bunga ini tidak diperbolehkan untuk dipotret.  

Buah Tangan dari Fremantle Market 

Hena di Fremantle Market (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Di sini juga banyak pedagang yang menawarkan jasa. Salah satu contohnya adalah hena atau seni melukis di tubuh menggunakan pacar. Kalian bisa menggunakan jasa ini sebagai oleh-oleh untuk diri sendiri dari Fremantle Market.

20180923_151714_yEn.jpg
Stand yang menjual cinderamata (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Untuk buah tangan lainnya, kalian bisa membeli baju, boneka kanguru maupun cinderamata lainnya. Selain itu, di Fremantle Market ini juga terdapat beberapa stand yang menjual stiker beserta pin lucu. Bahkan berbagai macam badge mulai dari tokoh kartun hingga tulisan juga bisa Teman Traveler pilih.

Selain aktifitas jual beli, anda juga bisa melihat berbagai atraksi kreatif di area pintu masuk Fremantle Market ini. Orang-orang akan berkerumun membentuk lingkaran untuk melihat permainan musik maupun sulap. Beberapa pengunjung biasanya juga akan dilibatkan. Para pengisi acara di area ini akan bergantian beratraksi sekitar per 30-45 menit sekali.

Itulah tadi sekilas info mengenai Fremantle Market. Ada banyak hal yang bisa ditemukan di tempat satu ini. Mulai berburu makanan hingga oleh-oleh pun ada. Jadi, mana nih yang menjadi spot favorit kalian?

Tags
Australia Fremantle Market kontributor Luar negeri Perth Wisata
Share