Deretan Foto Gunungan Sampah di Tempat Wisata, Beneran Cinta Alam?

Sampah merupakan masalah krusial yang dialami oleh sebagian besar negara di dunia, termasuk Indonesia. Plastik dan kertas berserakan di mana-mana termasuk objek wisata yang harusnya dijaga kebersihannya. Papan larangan juga tidak mempan untuk membuatnya bersih. Adanya, malah tumpukan sampah yang tak enak dipandang. Seperti deretan foto gunungan sampah di tempat wisata berikut. Yakin, benar-benar cinta alam?

1. India pernah mengejutkan dunia dengan Pantai Versova yang kumuh. Lima juta sampah berhasil dibersihkan berkat aktivis lingkungan bernama Afroz Shah tahun 2015.

Pantai Versova Kumuh
Pantai Versova Kumuh via twitter/@AfrozShah1

2. Foto gunungan sampah lain terlihat di India. Namun, pemandangan tersebut berbanding terbalik dengan Pantai Juhu, di Mumbai. Diintip dari instagram @haram_khor_, Teman Traveler bakalan susah menemukan pasir pantai akibat banyaknya sampah.

Pantai Juhu
Pantai Juhu via instagram/@haram_khor_

3. Sungai Pasig Manila juga menjadi salah satu destinasi wisata di Filipina yang tercoreng karena sampah. Dikutip dari akun @randyolson, setidaknya dalam setahun 10 juta ton sampah plastik masuk ke laut dari sini. Foto gunungan sampah di sini langsung menghilangkan keindahannya.

Sungai Pasig Manila
Sungai Pasig Manila via instagram/@natgeo

4. Pulau Henderson di Samudera Pasifik Selatan juga menjadi dampak sampah dunia. Setidaknya 37 juta potongan berakhir di pulau ini terbawa aliran air laut. Akibatnya, ekosistem pulau tak berpenghuni ini terganggu.

Sampah di Pulau Henderson
Sampah di Pulau Henderson via dailymail.co.uk

5. Pemandangan tak sedap mata ini juga terlihat di tanah air. Termasuk Sungai Citarum yang disebut-sebut sebagai salah satu sungai paling terkotor di dunia.

Sungai Citarum
Sungai Citarum via instagram/@garybencheghib

6. Pemandangan miris juga terlihat di puncak gunung. Padahal, peringatan untuk membawa kembali sampah yang dibawa tidak sekali dua kali diucapkan. Sayangnya, sampah masih berserakan di Gunung Rinjani.

Sampah gunung Rinjani
Sampah gunung Rinjani via instagram/@masucok

7. Gunung Merbabu juga menjadi korban pendaki tak bertanggung jawab. Gunungan sampah juga masih terlihat, meski bersih gunung rutin dilakukan. Wah, siapa nih yang ngaku pendaki sejati tapi ninggalin sampah?

Gunung Merbabu Jawa Tengah
Gunung Merbabu Jawa Tengah via instagram/@gilarmd

8. Akibatnya beragam. Salah satunya spesies yang terancam punah karena menelan sampah plastik. Seperti kuda laut di perairan Sumbawa dengan cotton bud.

Foto kuda laut dan cotton bud
Foto kuda laut dan cotton bud via instagram/@JustinHofman

9. Ada juga penyu kempi yang terperangkap kursi sehingga tak bisa bergerak. Atau juga ikan-ikan yang menelan atau bahkan terperangkap dalam plastik.

Penyu terperangkap dalam kursi
Penyu terperangkap dalam kursi via instagram/@mongabayid

10. Sedihnya lagi, baik saat diving, snorkeling ataupun surfing bakal menemukan sampah berserakan di atas permukaan laut.

Surfing di perairan Bali
Surfing di perairan Bali via instagram/@zaknoyle

Berdasarkan laporan Ocean Coservancy, Cina, Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam di klaim sebagai penghasil 60% sampah plastik yang masuk perairan dunia. Bisa dibayangkan berapa juta spesial yang terancam punah akibat sampah.

Melihat banyaknya foto gunungan sampah di objek wisata juga membuat hati teriris. Apalagi bagi kita yang mengaku cinta dengan alam dan lingkungan. Sudahkah benar-benar cinta dengan alam? Mengapa masih ada sampah bahkan gunungan yang jelas dapat merusak eksosistem alam.

Tags
Bali Filipina Gunung Merbabu Gunung Rinjani India Indonesia Mumbai Sampah di Dunia Sumbawa
Share