Festival Tanjung Lesung 2019, Ajang Perpaduan Olahraga dan Budaya Banten

Banten punya banyak potensi wisata yang patut dikunjungi wisatawan domestik, maupun mancanegara. Pada tahun 2019 ini, Banten akan mengadakan Festival Tanjung Lesung untuk yang kelima kalinya. Acara ini memadukan olahraga dan budaya Banten. Simak yuk ulasannya berikut ini!

Berkonsep Sport & Culture

Berkonsep sport dan culture via Instagram/@rhinoxtriathlon

Tujuan dihelatnya acara ini adalah untuk mengajak wisatawan berkunjung dan menikmati keindahan alam, seni, dan budaya Banten. Tak hanya mengenalkan kesenian, acara ini juga melombakan ajang olahraga seperti berenang, balap sepeda, dan lari.

Festival ini merupakan tahun kelima penyelenggaraannya. Nantinya acara ini akan mendatangkan peserta dari 5 negara untuk turut berkompetensi untuk memenangkan total hadiah lebih dari 200 juta rupiah.

Berlangsung dari 27-29 September

tanjung-lesung
Mengenalkan budaya Banten via Instagram/@ditamauld

Tanggal acara ini juga tercatat di Kalender 100 event nasional Kementerian Pariwisata. Acara ini akan pada hari Jumat-Minggu, tanggal 27-29 September 2019. Lokasi berlangsung festival ini diadakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung. Selain itu, acara ini juga sekaligus memperingati Hari Badak Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 September.

Beragam Acara Istimewa

Peserta mengikuti lomba renang via Instagram/@rhinoxtriathlon

Festival ini menghadirkan tiga acara utama yaitu Rhino Cross Triathlon, Mountain Bike Cross Country Marathon, dan Pasar Kolecer. Rhino Cross Triathlon merupakan kejuaraan terbuka triathlon lintas alam (Cross Triathlon) pertama di Indonesia. Kejuaraan ini melombakan berenang, balap sepeda, dan lari yang mengelilingi panorama alam Tanjung Lesung.

Selain itu juga ada Pasar Kolecer yang memamerkan hasil karya kreatif dari masyarakat Pandeglang. Ada banyak acara yang dihadirkan mulai dari festival kuliner, pagelaran seni, hingga lomba layangan khas Banten.

Harapan Besar Banten

Harapan Besar Banten via Instagram/@rhinoxtriathlon

Mengutip dari berbagai sumber, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE., MM. juga mengatakan kalau acara ini merupakan harapan besar Banten pasca tsunami Desember 2018. Festival ini diharapkan bisa menjadi kesempatan untuk membangkitkan pariwisata Banten.

Selain itu, BMKG juga hadir dalam acara ini dengan memasang tiga perangkat untuk memonitor air laut, iklim, dan kegempaan. Untuk Teman Traveler yang tertarik bisa kunjungi website www.rhinoxtriathlon.com untuk informasi lebih lengkap.

Itu dia ulasan mengenai Festival Tanjung Lesung 2019. Tentunya keseruan ini cuma bisa dirasakan jika datang ke Banten. Jadi, apa tertarik untuk ikut festival ini?

Tags
festival 2019 festival tanjung lesung 2019 Indonesia tanjung lesung Wisata
Share