Festival Tabut 2019, Meriahkan Tahun Baru Islam Bercampur Budaya di Bengkulu

Menjelang Tahun Baru Islam, di setiap wilayah pasti melakukan penyambutan dengan caranya masing-masing. Seperti yang ada di Bengkulu, masyarakat setempat mengadakan sebuah acara bernama Festival Tabut 2019. Acaranya cukup unik, sehingga tidak boleh dilewatkan oleh Teman Traveler yang sedang berada di Bengkulu dan sekitarnya. Penasaran seperti apa acaranya? Simak ulasan di bawah ini, ya. 

Sejarah Singkat Festival Tabut 

Festival Tabut 2019
Terdapat sejarah singkat via instagram/pesonabengkulu

Di balik meriahnya acara Festival Tabut, ada sejarah yang perlu Teman Traveler tahu. Festival ini pertama kali dipentaskan di Bengkulu pada tahun 1685 oleh Imam Senggolo. Beliau merupakan orang pertama yang menyebarkan Islam di Bengkulu dan menikahi seorang gadis setempat.

Nah, keturunannya kemudian dikenal dengan sebutan Tabut atau Tabot. Lalu, festival ini dilakukan dari generasi ke generasi yang disebut Komunitas Keluarga Tabut. Semenjak itulah, Festival Tabut diselenggarakan untuk menyambut Tahun Baru Islam sampai detik ini. 

Ada Banyak Acara yang Diselenggarakan 

Festival Tabut 2019
Ada banyak acara di dalamnya via instagram/junaidiibnurrahman

Festival satu ini memiliki banyak acara dan masing-masing mempunyai makna tersendiri. Contohnya seperti pengambilan tanah yang memiliki makna manusia berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah. Kemudian ada Menjara yang merupakan duplikasi perjalanan cucu Nabi Muhammad SAW bernama Hussein menuju Karbala dan disertakan juga replika perangnya.

Ada juga ritual Arak Jari-jari dan Sorban yang jadi simbol apabila sorban milik Hussein sudah ditemukan dan berhasil direbut kembali. Tidak hanya itu, masih banyak ritual-ritual yang akan dilakukan setelahnya. Selain itu ada banyak perlombaan untuk memeriahkan festival tahunan ini. 

Ada Hal Baru di Festival Tahun Ini 

Ada yang berbeda di tahun ini via instagram/diki_d.saputra

Agak berbeda dengan acara sebelumnya, Festival Tabut di tahun ini akan diwarnai Tabut Fest Coffee Corner. Kalau di tahun-tahun sebelumnya, festival ini terkesan seperti pasar malam, dengan adanya Tabut Fest Coffee Corner akan menonjolkan suasana festival yang sebenarnya. 

Selain itu, Tabut Fest Coffee Corner juga berfungsi untuk memecah konsentrasi pengunjung supaya tidak berkumpul di panggung utama. Lalu, sebagai bentuk untuk mempopulerkan produk unggulan kopi asal Bengkulu. 

Waktu dan Lokasi Pelaksanaan 

Berlokasi di Lapangan Merdeka Bengkulu via instagram/pesonabengkulu

Tertarik untuk menyaksikan kemeriahan dari Festival Tabut 2019? Teman Traveler bisa langsung datang ke Lapangan Merdeka di Kota Bengkulu. Sedangkan untuk waktunya, festival ini akan berlangsung dari tanggal 31 Agustus sampai dengan 10 September 2019. 

Begitulah sedikit informasi tentang Festival Tabut 2019 yang diselenggarakan di Bengkulu. Apabila Teman Traveler sedang berada di Bengkulu dan sekitarnya bisa langsung datang untuk menyaksikannya. Jadi, siapa yang mau datang untuk melihat langsung? 

Tags
Bengkulu Festival Tabut 2019 Indonesia info terbaru
Share