Festival Pesona Tambora 2019 Siap Digelar Awal April, Ini Rangkaian Acaranya!

Festival Pesona Tambora 2019 siap digelar awal April ini. Dilansir dari Republika, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh. Faozal, mengatakan bahwa festival ini meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Sumbawa. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, berikut ini rangkaian acara FPT 2019! Teman Traveler berencana mengikutinya? Catat ya!

2-3 April, Semalam Dalam Loka

Pertunjukan Tradisional di Istana Dalam Loka via Instagram/jelajahsumbawa

Menurut Faozal, setidaknya ada sekitar 27 kegiatan yang akan melibatkan seluruh kabupaten/kota di Pulau Sumbawa. Rangkaian tersebut dimulai dari Semalam Dalam Loka yang akan digelar dari 2-3 April 2019 di Kabupaten Sumbawa.

Suasana di Istana Dalam Loka via Instagram/ayladimitri

Semalam Dalam Loka sendiri merupakan sebuah pameran yang dilaksanakan di Istana Dalam Loka peninggalan Kesultanan Sumbawa. Acara ini berisi pameran berbagai benda sejarah dan budaya khas Sumbawa. Seperti perhiasan, senjata tradisional dan beberapa lainnya.

6-7 April, Mantar Festival

Barapan Kebo via Instagram/pathfinderonur

Rangkaian acara Festival Pesona Tambora 2019 selanjutnya yaitu Festival Mantar yang berlangsung dari 6-7 April di Kabupaten Sumbawa Barat. Acara ini berisi barapan kebo atau balapan kerbau yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Berkat keunikannya, ia berhasil menarik ratusan wisatawan.

6-8 April, Lawata Festival

Kecantikan Pantai Kalaki, Tempat Lawata Festivak Digelar via Instagram/hasnailyas

Rangkaian Festival Pesona Tambora 2019 dilanjutkan dengan Lawata Festival pada 6-8 April di Kota Bima. Lawata Festival biasanya digelar di Pantai Kalaki yang terletak tidak terlalu jauh dari Bandar Udara Sultan Muhammad Salahudin, Bima.

Keseruan Karnaval Perahu via Instagram/vizalu

Pada acara ini, akan ada parade perahu atau sampan tradisional, pentas seni budaya, dan beberapa kegiatan seru lain. Teman Traveler harus menyaksikannya secara langsung!

7-11 April, Teka Tambora

Pesona Gunung Tambora di Teka Tambora via Instagram/aldyriyadhi

Teka Tambora jadi rangkaian Festival Pesona Tambora selanjutnya. Ia digelar pada 7-11 April mendatang. Dalam bahasa setempat, ‘teka’ berarti mendaki.

Teka Tambora, Peserta Diajak Mengagumi Alam NTB via Instagram/daewansaja

Pada acara ini, peserta diajak mengagumi kecantikan alam Sumbawa melalui beberapa zona wilayah. Siapkan tenaga dan kesehatan jika ingin mengikuti agenda ini ya!

8-11 April, Festival Geopark Tambora

Kemegahan Gunung Tambora via Instagram/ama_bibu

Pada Festival Geopark Tambora yang digelar 8-11 April mendatang, para peserta diajak mengikuti seminar berisi informasi-informasi terkait geopark. Acara ini dilaksanakan di Bima dan Dompu. Ia juga diikuti oleh beberapa kegiatan lain seperti Lanud Zam Tambora Golf Tournament dan Tambora Colour Run.

11 April, Puncak Acara Festival Tambora

Lokasi Digelarnya Puncak Festival Pesona Tambora 2019 via Instagram/korindogroup_pr

Hari terakhir yaitu 11 April, acara puncak Festival Pesona Tambora akan digelar. Menurut informasi, puncak acara tersebut akan dilaksanakan di Doro Ncanga Bima. Seperti apa keseruannya? Teman Traveler harus berkunjung untuk mengikutinya secara langsung!

Infografis Festival Pesona Tambora 2019

Festival Pesona Tambora 2019 jadi agenda yang sayang untuk dilewatkan. Setuju, kan? Mengikuti festival seru ini sambil menjelajahi kecantikan alam Pulau Sumbawa rasanya akan luar biasa.

Tags
Festival Pesona Tambora 2019 Indonesia Nusa Tenggara Barat Sumbawa Wisata wisata ntb
Share