Liburan sekalian Saksikan Festival Pasraman Indonesia 2018 di Bali, Mulai dari Parade sampai Yoga Bersama

Sudah bukan rahasia lagi kalau Pulau Dewata merupakan salah satu destinasi wisata ternama di mata dunia. Beragam wisata Bali menjadi daya tarik dengan keunikan masing-masing, mulai dari alam, buatan, sejarah, hingga budaya. Terdapat pula beragam event budaya yang menjadi magnet bagi wisatawan, yang terdekat adalah Festival Pasraman Indonesia 2018, diselenggarakan di Denpasar. Seperti apakah kegiatan tersebut? Yuk simak ulasan lengkapnya.

Festival Pasraman Indonesia 2018

Festival Pasraman Indonesia 2018 via Instagram @pasramanfest
Festival Pasraman Indonesia 2018 via Instagram @pasramanfest

Festival Pasraman Indonesia 2018 diselenggarakan oleh Perkumpulan Pasraman Indonesia (PPI) pada 8-9 Desember 2018 mulai pukul 9 pagi di Desa Wisata Kertalangu, Denpasar. Pasraman merupakan lembaga pendidikan khusus agama Hindu. Festival yang pertama kali digelar di Bali ini adalah kerja sama antara seluruh pasraman di Indonesia dengan beragam metode pengajaran spiritual Hindu.

Kegiatan bertajuk ‘Pasraman Bersatu dan Berkarya untuk Memperkokoh Karakter Bangsa’ ini bertujuan untuk semakin mengembangkan dan menumbuhkan nilai-nilai ajaran adiluhung pada masyarakat, serta demi kebersamaan dalam menghadapi tantangan umat di Indonesia, khususnya Bali.

Para Guru Pasraman via Instagram @pasramanfest
Para Guru Pasraman via Instagram @pasramanfest

Mulai dari Meditasi sampai Parade

Ilustrasi Parade di Bali via Shutterstock
Ilustrasi Parade di Bali via Shutterstock

Beragam kegiatan dirancang untuk kegiatan selama dua hari ini. Mulai dari pameran kuliner dan suvenir khas pasraman, parade Ashram (pasraman), simposium, Pada Yatra yaitu berdo’a bersama untuk kedamaian Indonesia, yoga, donor darah, konsultasi spiritual, dan banyak lainnya. Semua kegiatan tersebut terbuka untuk umum jadi Teman Traveler kalau sedang berada di Denpasar pada hari kegiatan, datang saja.

Desa Wisata Kertalangu

Taman Gong Perdamaian Desa Kertalangu via Instagram @mery_jali
Taman Gong Perdamaian Desa Kertalangu via Instagram @mery_jali

Desa Kertalangu, tempat festival dilaksanakan berlokasi di Jalan By Pass, Ngurah Rai nomor 88X, Kesiman, Denpasar, merupakan salah satu destinasi wisata di Bali. Desa budaya ini dibangun sebagai tempat sadar perdamaian, kebudayaan, dan hidup berwawasan hijau. Teman Traveler yang hendak memasuki desa ini cukup siapkan budget Rp10 ribuan per orang. Ikon desa ini berupa Taman Gong Perdamaian Kertalangu.

Desa Wisata Kertalangu via Instagram @chandrachristina
Desa Wisata Kertalangu via Instagram @chandrachristina

Desa Kertalangu menawarkan beragam atraksi bagi pengunjung, di antaranya adalah membuat sabun sendiri, menanam padi, keliling desa dengan menunggang kuda, menganyam, menari, outbond, dan kegiatan lain yang lebih seru jika dilakukan bersama keluarga. Kalau ingin bersantai di sini sekaligus menikmati asrinya areal persawahan, sudah disediakan gazebo.

Akomodasi Sekitar

The Vasini Hotel
The Vasini Hotel via Instagram/@thevasinihotel

Teman Traveler yang berencana menyaksikan Festival Pasraman Indonesia 2018, sebaiknya mencari tempat menginap di sekitar lokasi. Ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget Teman Traveler

Beberapa di antaranya adalah The Vasini Hotel, akomodasi nyaman yang hanya memasang tarif kisaran Rp250 ribuan per malamnya. Dari hotel ini, Teman Traveler hanya perlu berkendara selama 3 menitan untuk menuju Desa Kertalangu

Salah Satu Sudut di Big Garden Corner via Instagram @biggardencorner
Salah Satu Sudut di Big Garden Corner via Instagram @biggardencorner

Puas saksikan Festival Pasraman Indonesia 2018, sempatkan jelajah wisata Bali di sekitar lokasi acara. Salah satunya Big Garden Corner yaitu taman instagenic yang memajang beragam patung dan miniatur bangunan populer. Dilengkapi dengan gazebo, restoran, taman bermain anak, dan fasilitas lainnya. Bagaimana Teman Traveler yang di Bali siap terlibat di festival tersebut?

Tags
Agenda Event festival Festival di Indonesia Festival Pasraman Indonesia Indonesia info terbaru wisata bali
Share