Meriahnya Festival of Light Kaliurang, Rekomendasi Liburan Asyik di Jogja

Teman Traveler ada yang berencana liburan ke daerah Jogyakarta? Salah satu rekomendasi acara yang waktunya pas banget dengan libur di awal tahun 2019 ini adalah Festival of Light Kaliurang Jogja.

Setelah sebelumnya dimeriahkan Festival Lampion pada Juni-Juli 2018, gelaran meriah ini masih berlanjut di awal tahun. Seperti apa kemeriahannya? Yuk, simak ulasan Kontributor Travelingyuk, Annyta Sumarya.

Festival Seru di Kabupaten Sleman

Festival of Light Kaliurang
Festival of Light Kaliurang (c)Annyta Sumarya/Travelingyuk

Festival of Light Jogja adalah bentuk kerja sama antar Disbudpar Kabupaten Sleman. Jika di bulan Juni 2018 lalu digelar festival bertemakan Jurrasic atau Zaman Purbalaka, kali ini temanya adalah Love in the Air. Tema tersebut diwujudkan dalam beberapa wahana bernuansa romantis, salah satunya balon udara raksasa yang bisa dinaiki pengunjung.

Spot Taman Lampion
Spot Taman Lampion(c)Annyta Sumarya/Travelingyuk

Festival of Light Kaliurang bisa Teman Traveler datangi setiap hari selama periode 15 Desember 2018 sampai dengan 20 Januari 2019. Saat weekday, gelaran ini dimulai pukul 17.00-22.00, sedangkan weekend mulai pukul 17.00 sampai pukul 23.00. Nah, untuk lokasinya sendiri berada di Gardu Pandang Kaliurang, Sleman dengan biaya masuk sebesar Rp20.000 di hari biasa, dan Rp25.000 saat akhir pekan.

Festival of Light Kaliurang
Festival of Light Kaliurang(c)Annyta Sumarya/Travelingyuk

Wahana Taman Lampion yang Curi Perhatian

Taman Lampion Kaliurang

Taman Lampion Kaliurang(c)Annyta Sumarya/TravelingyukDari tahun ke tahun Festival of Light Kaliurang kerap menyita perhatian wisatawan. Hal ini dikarenakan pengelola menyediakan wahana-wahana unik yanag sukses menyedot minat pengunjung. Salah satunya taman di Gardu Pandang yang disulap menjadi taman lampion dengan aneka hiasan cantik bertabur lampu warna-warni. Area ini biasanya akan ramai ketika hari mulai petang.

Di sudut lain juga terdapat balon udara yang menjadi spot instagenic. Teman Traveler juga bisa menaiki balon udara besar berwarna seperti pelangi ini. Balon akan diterbangkan sampai dengan ketinggian 30 meter. Untuk bisa mencobanya, kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp75.000.

Bermain Ice Skyrink di Jogja

Ice Skyrink
Ice Skyrink(c)Annyta Sumarya/Travelingyuk

Ice Skyrink ini hampir sama dengan Ice Skating. Bedanya, arena permainan ini permukaannya dilapisi es sintesis. Hal tersebut pula yang membuatnya tidak terlalu dingin. Meski demikian, sensasinya sama dengan bermain di atas permukaan es asli. Untuk bisa menikmati Ice Skyrink ini, Teman Traveler cukup membayar tiket sebesar Rp40.000. Kalian akan akan dipinjami sepadu roda dan sarung tangan untuk melengkapi permainan.

Menikmati Keindahan Sekitar Lewat Gardu Pandang

Gardu Pandang Kaliurang
Gardu Pandang Kaliurang(c)Annyta Sumarya/Travelingyuk

Mengambil lokasi di Gardu Pandang Kaliurang, tentu Teman Traveler juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar. Tidak ada tambahan biaya, tapi kalian harus menaiki tangga hingga lantai tiga. Jika cuaca sedang cerah, Gunung Merapi dari kejauhan dapat menjadi pemandangan memukau. Belum lagi taman lampion dan aneka wahana yang terlihat cantik dari ketinggian.

Berburu Kuliner yang Menggoyang Lidah

Taman Lampion Kaliurang
Taman Lampion Kaliurang(c)Annyta Sumarya/Travelingyuk

Suhu Kaliurang cukup dingin, menyantap makanan atau minuman hangat tentu bakal membuat tubuh terasa lebih nyaman. Tak perlu membawa bekal, Festival of Light Kaliurang sudah menyediakan area untuk memanjakan perut. Ada sosis bakar, mie bakso, sate, cumi bakar, mie instant, telur gulung, wedang ronde, sampai susu murni. Tinggal pilih sesuai keinginan Teman Traveler. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp5.000.

Tips Liburan di Festival of Kaliurang

Festival of Light Kaliurang
Festival of Light Kaliurang(c)Annyta Sumarya/Travelingyuk

Ada beberapa tips untuk Teman Traveler yang ingin berkunjung ke Festival of Kaliurang. Pertama, jangan lupa bawa jaket karena suhu cukup dingin, apalagi saat musim hujan datang. Kedua, sedia payung sebelum hujan. Tidak mau pakai payung? Pakai jas hujan juga boleh. Selanjutnya, bawa kamera atau ponsel dengan baterai penuh untuk berfoto selama di lokasi. Pastinya bakal membuat feed instagram makin cantik.

Masih bingung liburan ke Yogyakarta mau ke mana? Festival of Light Kaliurang jadi solusinya. Namun ingat, event seru ini hanya digelar hingga 20 Januari 2019 mendatang. Selamat berlibur.

Tags
Indonesia Jogja Sleman Wiisata Jogja Wisata Sleman Yogyakarta
Share