Menghitung Hari, Festival Lovina di Bali Akan Segera Digelar

Advertisement

Bali itu luas, tidak hanya sebatas Kuta atau Nusa Dua saja, pesisir utara juga menyuguhkan pesona cantik dan memukau. Untuk membuktikannya, kamu bisa datang ke Kota Singaraja. Mungkin kamu pernah mendengar nama daerah tersebut sebagai ibu kota Kabupaten Buleleng. Bentang alam yang keren, masyarakat setempat begitu ramah dan anggun dengan tradisi dan budayanya, hingga kulineran lezat akan memanjakan kamu selama berkunjung ke Singaraja. Ada beberapa tempat terkenal di sana, salah satunya adalah Pantai Lovina.

Karena Bali adalah tujuan wisata yang cukup mentereng di Indonesia, maka wajar jika berbagai perhelatan besar digelar guna menarik para wisatawan. Singaraja tidak lepas dari agenda tersebut, kamu cukup menghitung hari hingga dimulainya acara besar berupa festival budaya dan kerajinan khas Singaraja. Karena sebentar lagi akan ada Festival Lovina, kamu bisa menikmati banyak sekali keseruan selama acara tersebut. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

1. Sekilas Tentang Lovina

Apa yang ada di benakmu jika mendengar nama Lovina? Pasti sesuatu yang cantik, elegan, bahkan juga manis. Benar saja, karena kamu akan dibawa melihat pantai eksotis. Tidak hanya itu, daya tarik utama di Lovina adalah lumba-lumba. Sampai saat ini pantai terletak kurang lebih 9 km di sebelah barat Singaraja tersebut tidak pernah sepi dari pengunjung. Kamu bisa berenang di pantai, menikmati hamparan pasir laut, hingga menghirup udara berbau laut. Setelah puas, kamu bisa menyewa perahu nelayan dan menuju ke laut untuk menyaksikan lumba-lumba yang berenang ke permukaan.

Lumba-lumba Lovina [image source]
Lumba-lumba Lovina [image source]
Lovina pernah mengalami keterpurukan sebelum mentereng seperti sekarang ini. Istilah tersebut dikenalkan oleh seorang pengusaha penginapan di Bali sekitar tahun 50an. Berkat berbagai usaha, akhirnya nama Lovina semakin menggema. Banyak yang mengira jika Lovina merujuk pada kata Love dan Ina yang berati Cinta Indonesia. Padahal sebenarnya artinya adalah “Cinta Ibu” karena Ina dalam Bahasa Bali berarti Ibu.

2. Rutin Dilakukan Setiap Tahun

Upaya untuk mengenalkan Lovina, bahkan sampai ke mancanegara terus dilakukan hingga saat ini. Terbukti dengan adanya acara rutin berupa gelaran Festival Lovina. Setelah sukses pada tahun 2015 kemarin, tahun ini akan kembali digelar acara serupa. Ada harapan besar agar sektor pariwisata di Bali, khususnya Buleleng akan terus berkembang dan mendapat perhatian dari berbagai pihak. Kita bisa berkaca dari gelaran pada tahun kemarin. Di mana, acara juga digelar dengan meriah. Tema yang diusung adalah The Peace and Harmony of Lovina.

Tari bali [image source]
Tari bali [image source]
Berbagai elemen masyarakat dilibatkan demi kesuksesan Festival Lovina. Mulai dari pemerintah, berbagai perusahaan pariwisata, hingga masyarakat bahu-membahu mengadakan perhelatan besar. Acara tersebut dihadiri oleh banyak pihak, salah satunya adalah peserta Sail Indonesia 2015. Para pengunjung dibuat puas dengan penampilan budaya dan tradisi Bali seperti  “Sampi Gerumbungan”, “Shang Hyang Legong Dedari”, “Sang Hyang Memedi” dan tarian “Selat Segara”. Biar makin meriah, maka ada panggung tambahan yang menyuguhkan pertunjukan musik modern dari artis terkenal.

3. Bagaimana dengan Tahun ini?

Lovina yang begitu cantik akan disuguhkan pada wisatawan saat digelarnya acara Festival Lovina. Kamu juga harus menjadi salah satu dari penonton tersebut. Caranya gampang, datang saja langsung ke Singaraja pada 10 hingga 14 September mendatang. Tema yang diusung pada festival tahun ini adalah “Hidden Beauty Lovina”. Kamu akan diajak untuk menyingkap berbagai keindahan Lovina yang masih tersembunyi. Sama seperti tahun sebelumnya, akan ada beberapa panggung pertunjukan yang tersebar di Pantai Binaria, Undiksha Singaraja dan Pantai Kaliasem.

Festival Lovina [image source]
Festival Lovina [image source]
Kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu mengenai detail agenda selama pelaksanaan acara. Karena banyak sekali pertunjukan yang dilakukan bersamaan. Jadi kamu harus memilih salah satu yang menurutmu paling menarik untuk dilihat. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa mengakses situs resmi Dinas Pariwisata Buleleng di www.disbudpar.bulelengkab.go.id.

4. Berbagai Parade Budaya Bisa Kamu Nikmati

Dibuka pada 10 September 2016, Festival Lovina akan mengajakmu melihat pameran kerajinan, bersih-bersih Sapta Pesona, pameran kuliner, Orhiba sekaligus acara pembukaan di Pantai Binaria Lovina. Rangkaian acara tersebut masih ditambah dengan parade budaya baik yang diselenggarakan di laut dan darat. Ada juga parade budaya di Desa Kalibubuk. Setelah puas, kamu bisa menyaksikan pertunjukan musik dari Balawan. Acara pada hari pertama tentu sangat melelahkan, tapi tidak akan mengurangi semangatmu untuk melihat ada apa di hari kedua.

Adat Bali [image source]
Adat Bali [image source]
Pada saat itu kamu akan dimanjakan dengan kegiatan Yoga Asana Health & Beauty, kamu yang hobi yoga pasti suka dengan cara ini. Selain itu ada juga festival lain berupa FGD wisata bahari dari Kementerian Kelautan, pameran kerajinan, pameran kuliner, pertunjukan tari, serta Sampi Gerubungan. Hari ketiga juga nggak kalah seru, karena ada  penampilan band, bonangan race dan gong kebyar wanita Kalibukbuk Bondres. Jangan lupa untuk ikut ajang lari fun color run yang diadakan di Pantai Binaria yang diikuti Parade Megangsing.

Menyempatkan waktu untuk ikut serta dalam festival tersebut meski hanya menjadi penonton adalah hal yang seru. Jadi pengalamanmu di Lovina akan semakin banyak tidak hanya sebatas melihat pertunjukan lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus) dan bermain di pantai saja.

Advertisement
Tags
Bali festival Indonesia lovina singaraja
Share