Menerawang Keindahan Lewat Festival Layang-layang International di Pangandaran

Advertisement

Jika angin bisa membawa terbang kenangan dan angan menuju tempat antah berantah hingga kamu tak lagi bisa menemukannya, mungkin kamu akan menerbangkan bersama angin pengalaman pahit dan kegalauan hati kemudian hanya menyisakan ingatan bahagia agar kamu bisa hidup dengan tenang. Namun apa daya, kita hanya bisa tenggelam dalam lamunan liar seperti itu. Sudah jangan terlalu galau, lebih baik isi kembali semangatmu dengan menyaksikan festival layang-layang internasional. Sebenarnya layang-layang adalah suatu hal lumrah di Indonesia yang memiliki angin sepoi-sepoi, keadaan yang pas banget untuk menghiasi langit dengan layang-layang.

Mungkin sewaktu kecil dulu, kamu juga suka menarik ulur benang layang-layang. Untung saja, permainan tersebut nggak membuat kamu jago tarik ulur perasaan, iya kan? Festival yang satu ini akan lebih meriah lagi, karena layang-layang yang diterbangkan bentuknya unik-unik. Ada yang ukurannya sangat besar dengan berbagai warna dan corak. Langitpun akan seperti lautan biru yang diselami oleh ikan-ikan berwarna-warni. Biar makin tahu soal festival tersebut, simak beberapa ulasan berikut ini ya!

1. Akan dilaksanakan di Pangandaran

Pangandaran adalah nama sebuah pantai yang menjadi objek wisata Kabupaten Pangandaran. Dulunya kawasan tersebut masuk dalam wilayah kabupaten Ciamis sebelum dimekarkan menjadi kabupaten tersendiri. Posisinya ada di bagian tenggara Jawa Barat tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran. AsiaRooms sempat memberikan predikat pantai terbaik di Pulau Jawa pada Pangandaran, membanggakan sekali bukan? Pantainya begitu indah dengan hamparan pasir putih yang luas, kamu bisa puas berenang atau bermain-main di sana.

Festival layang layang Pangandaran [image source]
Festival layang layang Pangandaran [image source]
Bahkan tak jauh dari bibir pantai, ada kawasan taman laut dengan ikan dan terumbu karang cantik. Momen yang keren lagi akan kamu lihat saat matahari terbit atau terbenam, kamu bisa memandang cahayanya membias ke permukaan laut, sungguh pemandangan indah yang hanya bisa kamu lihat di Pantai Pangandaran. Dengan segala pesonanya, nggak heran jika Pangandaran dijadikan sebagai tempat penyelanggaraan festival layang-layang internasional yang rutin dilakukan setiap tahun.

2. Bertabur Banyak Jenis Lomba

Tahun ini festival layang-layang internasional di Pangandaran akan kembali digelar, kamu nggak boleh melewatkanya atau kamu akan menyesal karena nggak bisa melihat langsung bagaimana indahnya berbagai bentuk layang-layang di langit Pangandaran. Selain itu, kamu juga bisa bersantai sambil bermain di pinggir pantai. Rencananya, festival tersebut akan digelar pada 10 hingga 15 Oktober mendatang.

Festival layang layang Pangandaran [image source]
Festival layang layang Pangandaran [image source]
Untuk memeriahkan acara, maka telah dipersiapkan berbagai lomba menarik seperti merakit layangan jenis lapangan, lomba layangan malam, lomba tarik ulur, lomba melukis, lomba layangan tradisional, lomba stand terbaik, lomba fotografi dan lain sebagainya. Jangan dikira kemeriahan hanya akan nampak saat siang saja, karena memasuki waktu malam, suasana masih akan ramai dengan adanya lomba layangan malam atau night kite. Agar layang-layang bisa dilihat, maka harus dipasangi lampu. Tentang bagaimana bentuknya, itu tergantung kreatifitas para peserta.

3. Diikuti Juga Oleh Peserta dari Luar Negeri

Acaranya memang menarik, nggak heran jika para pencinta layang-layang dari luar negeri ikut ambil bagian dalam perhelatan tersebut. Namanya saja festival internasional, jadi jangan kaget jika ada bule-bule yang menarik dan mengulur benang layang-layang, hati-hati entar kecantol lho. Keikutsertaan peserta dari negara lain diketahui dari pernyataan Kementerian Pariwisata diwakili oleh Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantar, Reseno.

Festival layang layang Pangandaran [image source]
Festival layang layang Pangandaran [image source]
Beliau juga mendapat laporan jika peserta yang ikut dalam festival ada yang dari Malaysia, Jepang, Thailand dan Swedia. Dengan potensi sebagai promosi pariwisata di Pangandaran, Kementerian Pariwisata sangat mendukung acara tersebut. Pengenalan acara lewat media sosial pun juga dilakukan agar nanti pesertanya semakin banyak.

4. Harapan untuk Pangandaran yang Semakin Baik

Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga menunjukkan dukungannya. Bahkan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyampaikan rasa terima kasih pada pihak yang mendukung festival layang-layang internasional di Pangandaran tahun ini, khususnya kepada Kementerian Pariwisata. Menurut Ahmad pendapatan daerah bisa meningkat hingga 10 persen lantaran acara-acara wisata seperti itu.

Festival layang layang Pangandaran [image source]
Festival layang layang Pangandaran [image source]
“Dengan kunjungan wisatawan yang meningkat setiap tahunnya berdampak pada peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) bagi Kabupaten Pangandaran sendiri. Untuk tahun ini, PAD wisata Pangandaran mencapai Rp. 64 milyar meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya,” kata Ahmad Heryawan.

Memang benar, jika kunjungan wisata ke Pangandaran terus meningkat, maka banyak pihak terutama masyarakat setempat akan merasakan imbas baiknya. Meski begitu, harapannya berbagai sarana dan infrastruktur untuk wisatawan akan terus diperbaiki agar Pangandaran bisa menjadi tempat yang benar-benar nyaman.

Advertisement
Tags
festival Indonesia Jawa Barat Layang-Layang Panggaran
Share