Asia Gudangnya Festival Lampion, Indonesia Salah Satunya

Melihat ratusan lampion diterbangkan tentu menjadi pemandangan yang menarik. Festival serupa bahkan mampu menarik banyak wisatawan serta para fotografer yang ingin mengabadikan gambar. Asia adalah benua yang memiliki beberapa festival lampion dan tersebar pada negara-negara di dalamnya. Negara yang akan disebutkan dalam poin berikut ini adalah negara yang memiliki festival lampion di Asia.

Perayaan Waisak, Indonesia

Pelepasan lampion di Candi Borobudur via
Pelepasan lampion di Candi Borobudur via pesonaindo.com

Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak adalah salah satu pagelaran budaya yang menarik banyak wisatawan. Seperti yang sering disaksikan di pelataran Candi Borobudur. Lokasinya yang mengagumkan ditambah dengan suasana yang damai dan khidmat menjadi salah satu penyebabnya. Festival Lampion yang dilakukan saat hari raya umat Buddha ini juga salah satu kegiatan yang banyak ditunggu.

Festival Loy Krathong, Thailand

Pelepasan Lampion Loy Krathong via
Pelepasan Lampion Loy Krathong via livingnomads.com

Festival Loy Krathong merupakan upacara sesaji di danau yang disertai dengan pelepasan lampion. Kegiatan itu dilakukan sebagai simbol pembersihan diri dari segala hal buruk. Biasanya pusat kegiatan dilakukan di dermaga Phra Athit, Sungai Chao Praya, Bangkok.

Festival Hoi An, Vietnam

Lampion gantung yang akan banyak ditemukan saat Festival Hoi An via
Lampion gantung yang akan banyak ditemukan saat Festival Hoi An via insideasiatours.com

Festival ini dilakukan setiap bulan purnama yang terjadi dalam setiap bulan. Bahkan seluruh wilayah Kota Hoi An yang menjadi lokasi festival akan dipadamkan listriknya. Bahkan pengalihan jalur lalu lintas juga diberlakukan. Setelah pelepasan lampion, juga terdapat tradisi melepas lilin pada kertas warna-warni yang berbentuk perahu.

Festival Lampion Kue Bulan, China

Seorang anak sedang memegang lampion saat Festival Lampion Kue Bulan via
Seorang anak sedang memegang lampion saat Festival Lampion Kue Bulan via nextshark.com

Festival ini dilakukan pada bulan ke-8 dalam kalender China, tujuannya untuk merayakan hasil panen yang melimpah. Saat festival ini berlngsung, banyak lampion yang digantung di setiap rumah serta sudut-sudut jalan. Festival ini juga diwarnai dengan berkumpulnya keluarga untuk menikmati kue bulan dan minum teh.

Festival budaya menjadi hal yang sangat menarik untuk dipelajari. Selain unik, banyak terdapat wawasan baru yang akan didapat. Bagaimana pendapatmu tentang festival budaya yang ada di Indonesia?

Tags
Budaya Indonesia Lampion mancanegara Wisata
Share