Berburu Jajanan Unik di Festival Kesenian Yogyakarta, Dari Baby Octopus Hingga Dinosaurus

Yogyakarta kerap kali mengadakan festival atau event tahunan yang keren dan seru. Yang saat ini sedang berlangsung adalah Festival Kesenian Yogyakarta ke-30. Seperti tahun-tahun sebelumnya, festival ini menampilkan berbagai kesenian, budaya, produk kreatif lokal, dan hiburan yang lain. Dan yang paling menarik pengunjung adalah bazar kuliner.

Area Bazar via Annissa Saputri
Area Bazar di Festival Kesenian Yogyakarta (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Berbagai macam kuliner dari kuliner tradisional yang langka hingga kuliner modern yang unik pun bisa ditemukan di bazar ini. Bahkan tak sedikit stand dengan antrean yang mengular. Apa saja sih jajanan unik, langka, dan populer yang wajib dicoba ketika ke Festival Kesenian Yogyakarta? Teman Traveler bisa baca ulasan dari kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri.

1. Bakso Tusuk Rebus dan Goreng

Bakso tusuk rebus dan goreng (c) Annissa Saputri/Travelingyuk
Bakso tusuk rebus dan goreng (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Bisa dibilang stand ini merupakan stand teramai, yakni Bakso Tusuk Bu Sainah. Bahkan untuk mendapatkannya harus sabar menunggu lama hingga nama kita benar-benar dipanggil sesuai daftar beli. Satu porsi cukup membayar Rp 10.000 sudah mendapatkan bakso rebus, bakso goreng, atau bisa dikombinasikan dengan tahu. Agar lebih sempurna jangan lupa tambahkan saus pedas.

2. Es Gabus 90’an

Es Gabus 90'an (c) Annissa Saputri/Travelingyuk
Es Gabus 90’an (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Yang manis dan menyegarkan, es gabus. Memiliki tekstur yang empuk dan lembut, jajanan ini memang sudah jarang untuk ditemui. Di bazar ini merupakan kesempatan kita untuk nostalgia kembali dengan es yang pernah hits di jaman 90-an. Es gabus yang ditawarkan di sini memiliki warna yang menarik dan tentunya rasa es gabusnya masih khas seperti rasa jaman dulu. Harganya juga cukup murah, Rp 6.000 untuk mencicip kembali es legenda ini.

3. Kue Goreng Dinosaurus

Kue Goreng Dino dan Raptor (c) Annissa Saputri/Travelingyuk
Kue Goreng Dino dan Raptor (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Frying bread atau kue goreng Dinosaurus menjadi favorit baik bagi pembeli anak-anak maupun orang dewasa. Bentuknya yang unik dan tidak biasa, kue goreng ini menjadi daya tarik hingga untuk mendapatkannya harus antre cukup lama. Selain berbentuk dinosaurus, penjual juga menawarkan bentuk unik yang lain seperti raptor, crocodile, dan octopus dengan harga dibanderol Rp 5.000.

4. Shawarma ala India

Shawarma ala India (c) Annissa Saputri/Travelingyuk
Shawarma ala India (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Dari banyaknya stand di area bazar, ini merupakan stand terasyik. Bagaimana tidak karena penjual di sini menyalakan musik India untuk menarik perhatian para pembeli. Shawarma di sini juga unik karena menggunakan roti yang biasa digunakan untuk roti bakar. Untuk dagingnya menggunakan daging tuna dan ayam.

5. Pentol Joged

Pentol Joged via instagram @jogjafoodhunter
Pentol Joged via instagram/jogjafoodhunter

Pentol atau yang lebih dikenal dengan bakso tusuk, memang menjadi favorit bagi semua kalangan. Ada stand pentol yang banyak mengundang perhatian pengunjung, tak lain adalah Pentol Joged. Pentol ini berbeda dari biasanya, yakni pentol sebanyak 11 biji ditusuk dengan tusuk bambu sepanjang kurang lebih 50 cm. Sepanjang itu kemudian pentol diberi bumbu dan dibakar. Dengan harga Rp 15.000 kita sudah dapat Pentol Joged yang rasanya pasti nikmat dan mengenyangkan.

6. Permen Gulali

Permen Gulali via Annissa Saputri
Permen Gulali (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Menjadi salah satu jajanan jaman dulu yang sudah jarang ditemui, Gulali wajib dibeli. Rasanya yang manis membuat kita bernostalgia akan jajanan ini di masa kecil. Bentuknya lucu-lucu, seperti bintang, hati, bunga, dan berbagai hewan. Untuk satu buah gulali dibanderol dengan harga Rp 6.000.

7. Baby Octopus dan Cumi Bakar

Baby Octopus dan Cumi Bakar via Annissa Saputri
Baby Octopus dan Cumi Bakar (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Stand yang juga ramai yakni yang menjajakan jajanan ala street food yaitu Baby Octopus dan cumi bakar. Dari kejauhan pun aroma bakaran dari gurita dan cuminya sudah tercium. Dagingnya yang fresh menjadi lezat dengan baluran bumbu bakarnya. Apalagi lebih lengkap ketika disajikan dengan saus dan mayonnaise. Satu tusuk cumi atau dua tusuk Baby Octopus bakar dibandrol dengan harga Rp 25.000.

8. Telur Gulung

Telur Gulung via Annissa Saputri
Telur Gulung (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Siapa yang tidak tahu dengan jajanan SD satu ini. Sepertinya jajanan berbahan telur ini sampai sekarang masih jadi primadona. Di bazar ini pun tak hanya ada satu stand namun banyak  stand yang menjual bahkan semuanya ramai oleh pembeli. Satu porsi kita cukup merogoh uang Rp 5.000 hingga Rp 6.000 dengan satu cupnya berisi 5-8 tusuk.

9. Tempura Spongebob

Tempura Spongebob via instagram @voilajogja
Tempura Spongebob via instagram @voilajogja

Bentuk tempura satu ini tidak biasa seperti pada umumnya, yaitu dengan bentuk salah satu tokoh kartun terkenal, Spongebob. Bentuknya yang lucu justru sayang jika kita memakannya. Stand ini bisa ditemukan di dekat stand Kue Goreng Dino. Stand ini pun juga ramai oleh pembeli yang penasaran dengan tempura unik ini.

10. Es Limun

Es Limun (c) Annissa Saputri/Travelingyuk
Es Limun (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Setelah lelah berkeliling area bazar, ada satu minuman yang wajib untuk dicoba yaitu Es Limun. Bagi generasi 90-an, pasti tidak asing dengan minuman satu ini. Memiliki warna yang menarik dan rasa khas yang menyegarkan, penjual menawarkan Es Limun dengan rasa yang bermacam-macam seperti nanas, citroen, frambozen, jeruk, dan leci. Teman traveler yang kepengen bernostalgia dengan minuman ini bisa siapkan kocek sebesar Rp 5.000.

Banyak kuliner yang wajib coba via Annissa Saputri
Banyak kuliner yang wajib coba (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Jajanan di atas hanya sebagian kecil dari banyaknya jajanan yang dijajakan di Festival Kesenian Yogyakarta. Tak hanya kenyang, kita juga bakal merasakan nostalgia dengan jajanan masa kecil yang sudah jarang kita temui. Buat Teman traveler pecinta kuliner, sempatkanlah datang ke Festival Kesenian Yogyakarta di  Planet Pyramid, Jalan Parangtritis Km. 5.5, Bantul, Yogyakarta. Dari jam 15.00 – 22.00 WIB. Kesenian ini bakal berlangsung hingga 9 Agustus mendatang.

Ketemu di sana ya!

Tags
festival kesenian yogyakarta Jogjakarta
Share