Festival di Destinasi-destinasi Wisata Indonesia yang Jangan Sampai Terlewatkan

Selain destinasi wisata yang beragam, Indonesia juga memiliki banyak budaya yang masih terjaga. Dengan varian etnik dan suku bangsa yang ada di Nusantara, bermacam festival pun dapat ditemui. Tak sedikit pula menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Bahkan kamu harus melingkari tanggalnya di kalender agar tak melewatkan momen ini. Travelingyuk memberikan daftar rekomendasi yang harus masuk di daftar perjalananmu.

1. Jember Fashion Carnaval

Festival yang diadakan setiap tahun [image source]
Karnaval yang bermula pada tahun 2001 ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan untuk datang. Siapa sangka, kegiatan yang bermula dalam bentuk konvoi reog ini kini menjelma menjadi festival yang banyak dinanti oleh wisatawan maupun fotografer. Bahkan tak sedikit media nasional yang menurunkan krunya untuk meliput acara ini. Biasanya JFC diadakan sekitar bulan Agustus.

Salah satu kostum peserta di JFC [image source]

2. Festival Lovina, Bali

Pagelaran budaya di Pantai Lovina [image source]
Pantai Lovina dikenal dengan wilayah pantainya serta keberadaan lumba-lumba hidung botol di perairannya. Namun selain keindahan tersebut, kamu juga dapat menemukan gelaran festival di destinasi ini. Festival Lovina menampilkan tarian-tarian adat juga mengenalkan kekayaan bahari yang juga terdapat di tempat ini. Setiap tahun sekitar bulan September, festival ini digelar lebih dari satu hari.

Mengenalkan budaya dan potensi wisata di Lovina [image source]

3. Festival Budaya Dieng

Pelepasan lampion di Festival Budaya Dieng [image source]
Jawa Tengah juga memiliki pagelaran kultur yang juga dinanti-nanti, yaitu Festival Budaya Dieng. Event ini tergolong dapat dinikmati oleh segala kalangan usia. Karena yang terdapat beragam hiburan yang ditampilkan. Mulai dari konser musik jazz dengan panggung yang memukau, pengenalan sudut Candi Arjuna, hingga pemotongan rambut anak dari Suku Gimbal Dieng.

Prosesi pemotongan rambut anak Suku Gimbal [image source]

4. Festival Mutiara Lombok

Kulaitas mutiara yang mampu bersaing dengan negara tetangga [image source]
Selain panorama alam yang telah diakui keindahannya, Lombok juga memiliki pagelaran festival yang berlangsung setiap tahunnya. Bedanya, event ini tak menampilkan budaya, melainkan festival mutiara yang diikuti oleh pelaku budidaya kerang mutiara se-Lombok dan Sumbawa. Bahkan, kualitas mutiaranya digagas juga mampu bersaing dengan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Budidaya kerang mutiara [image source]
Budidaya kerang mutiara [image source]
Empat festival tersebut masih sebagian kecil dari jumlah total pagelaran budaya yang ada di Indonesia. Selain itu, juga masih terdapat festival lain dengan skala lebih kecil yang juga diselenggarakan pada daerah-daerah di Indonesia. Sudah membuka kalender dan menentukan festival mana yang akan kamu datangi tahun ini?

Tags
Balli Budaya Indonesia Jawa Tengah Jawa Timur Nusa Tenggara Barat Wisata
Share