Festival di Bulan Oktober Rekomendasi Travelingyuk, Catat Nggak Boleh Lewat!

Keramaian sebuah festival, membuat siapa pun ingin mengikutinya dengan berulang-ulang. Bulan Oktober ini, dari ujung barat hingga timur Indonesia, ada beberapa festival yang bisa Teman Traveler ikut dan kunjungi. Beberapa di antaranya, berskala internasional. Penasaran? Berikut ini adalah deretan Festival di Bulan Oktober yang bisa dihadiri.

1. Festival Kerinci, Jambi

Festival Kerinci di Awal Oktober
Festival Kerinci di Awal Oktober via Instagram/festival.kerinci

Dimulai dari tanggal 03 Oktober 2018, besok, Festival Kerinci 2018 akan dilaksanakan sampai tanggal 07 Oktober 2018. Pelaksanaan festival ini bisa Teman Traveler ikuti di dua tempat, yaitu Danau Kerinci dan Obyek Wisata Aroma Peko Kayu Aro.

Pada acara festival tersebut, pesona budaya dan alam Kerinci bisa dinikmati dalam waktu bersamaan. Akan ada beragam tarian tradisional dan lomba-lomba bertema religi budaya yang ditampilkan. Seperti Lomba Tari Kreasi dan Lomba Mengaji Adat Kerinci. Selain itu, akan ada juga Festival 1.000 Kopi Kerinci. Festival di Bulan Oktober ini, surga bagi para Pecinta kopi!

2. Festival Keraton Nusantara, Sumenep

Keseruan Para Sultan di Festival Keraton Nusantara Tahun Lalu
Keseruan Para Sultan di Festival Keraton Nusantara Tahun Lalu via Instagram/rizqonsipahi

Tahun ini, Festival Keraton Nusantara akan digelar di Sumenep. Seluruh petinggi Keraton di Indonesia, akan berkumpul pada acara yang akan digelar pada 13-18 Oktober 2018. FKN masuk dalam event pariwisata nasional. Teman Traveler yang penasaran dengan kehidupan serta budaya keraton, acara ini akan pas sekali.

Festival Keraton Nusantara akan dimeriahkan dengan berbagai acara, seperti Kirab Agung Prajurit Keraton, Upacara Adat Keraton, dan Pertemuan Raja/Sultan se-Nusantara. Selesai menghadiri acara FKN ini, Teman Traveler bisa sekaligus menjelajah Pulau Madura.

3. Sawahlunto International Music Festival, Sumatera Barat

Daooddebu di SIMFES Tahun Lalu
Daooddebu di SIMFES Tahun Lalu via Instagram/daooddebu

Teman Traveler hobi dengan musik etnik? Sawahlunto International Music Festival yang akan diselenggarakan pada 19-21 Oktober 2018 ini wajib jadi jujugan. Festival di Bulan Oktober ini merupakan acara tahunan yang sudah digelar dari 2010 lalu. Musisi yang akan ikut mengisi acara ini bukan hanya dari dalam negeri.

Festival Oktober Rekomendasi Travelingyuk
Festival Oktober Rekomendasi Travelingyuk (c) Travelingyuk/Deby Ibrahim

Selain itu, akan ada workshop yang diberikan oleh sejumlah musisi pengisi acara. Musik yang akan ditampilkan pada agenda ini merupakan perpaduan musik etnik, modern hingga kontemporer. Jangan lewatkan!

4. Ubud Writer Festival, Bali

Pengisi Acara di UWRF Tahun Lalu
Pengisi Acara di UWRF Tahun Lalu via Instagram/arnoldgio

Kali ini, kabar baik khusus bagi pecinta tulis dan baca; Ubud Writer Festival kembari digelar. Dilaksanakan pada 24-28 Oktober 2018, acara ini akan dihadiri oleh sekitar 200 penulis, baik dari dalam dan luar negeri. Tema pada UWRF 2018 adalah Jagadhita. Tema tersebut berasal dari sebuah filosofi Hindu bermakna kebahagiaan dan kesejahteraan. Tandai kalender dan jangan lewatkan kesempatan ini!

5. Festival Budaya Irau Malinau, Kalimantan Utara

Gadis Dayak Kayan, Khas Irau Malinau
Gadis Dayak Kayan, Kecantikannya Siap Meramaikan Festival Irau Malinau via Instagram/kristupa

Festival Budaya Irau Malinau masuk menjadi agenda nasional melalui serangkaian penilaian Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Festival ini digelar pada 26 Oktober 2018 mendatang. Ia merupakan rangkaian perayaan HUT Kabupaten Malinau yang diadakan setiap dua tahun sekali. Pada salah satu gelaran festival di Bulan Oktober ini, akan ada pertunjukan berbagai tarian tradisional, seni dan budaya Kalimantan Utara, termasuk obat-obatan tradisional Belengla.

6. Festival Likurai Timor, NTT

Sebanyak 6000 Penari Meramaikan Festival Likurai Tahun Lalu
Sebanyak 6000 Penari Meramaikan Festival Likurai Tahun Lalu via Instagram/crgilangperdana

Festival Likurai merupakan pesta tarian perang dari masyarakat di Pulau Timor. Khususnya, masyarakat yang tinggal di Kabupaten Belu. Tarian perang yang ditampilkan menggambarkan pertarungan antara penduduk setempat dengan penjajah Belanda. Pada gelaran tahun lalu, sebanyak 6000 penari melakukan tarian ini di Bukit Fulan Fehan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Terbayang serunya? Kalau begitu, catat tanggalnya dan ikuti!

7. Festival Danau Sentarum, Kalimantan Barat

Siap Mengikuti Festival Danau Sentarum
Siap Mengikuti Festival Danau Sentarum via Instagram/tnbkds_official

Satu lagi festival di Bulan Oktober yang bisa Teman Traveler pilih untuk ikuti. Yaitu Festival Danau Sentarum, Kalimantan Barat. Agenda besar ini diselenggarakan pada 25-28 Oktober 2018 dengan tema Memacu Ekowisata Lintas Batas di Jantung Borneo.

Acara yang akan dilaksanakan di festival ini di antaranya Danau Sentarum Cruise, Parade Perahu Tradisional, Sentarum Ethnic Music Festival, Festival Minum Madu dan Karnaval Budaya. Pusat kegiatan ini, akan berlangsung di Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. Namun, penyelenggaraannya dilangsungkan di empat tempat: Putussibau, Lanjak, Badau dan Sriaman.

Rangkaian festival di Bulan Oktober 2018, dari Jambi hingga Danau Sentarum menarik untuk diikuti. Hiburan sekaligus mengedukasi diri sendiri tentang hal-hal yang bisa jadi belum diketahui. Jangan lewatkan ya!

Tags
festival budaya festival di bulan oktober festival oktober Indonesia info terbaru
Share