5 Festival Cokelat Dari Berbagai Negara, Indonesia Juga Ada Lho

Siapa yang tidak suka dengan makanan manis satu ini? Yap, cokelat. Camilan ini memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan masyarakat. Cokelat memiliki beragam jenis dan banyak dijumpai di beberapa hidangan. Di beberapa belahan dunia terdapat festival cokelat dan selalu ramai dikunjungi, lho. Salah satu di antaranya ada di Kota Jakarta. Tetapi, Travelingyuk tidak hanya membahas satu kota saja, berikut rangkuman beberapa festival cokelat yang bisa kamu kunjungi.

Salon Du Chocolat

Salon Du Chocolat
Salon Du Chocolat Via Instagram/soloxmilano

Pameran bernama Salon Du Chocolat ini merupakan ajang yang bergengsi dan selalu diadakan setiap tahun setiap bulan November. Pameran ini sudah berlangsung sejak tahun 1955 dan diadakan di Kota Paris. Karena merupakan salah satu pameran terbesar di dunia, maka tak heran festival ini diikuti lebih dari 60 negara dan lebih dari 500 peserta turut berpartisipasi. Pecinta cokelat dari berbagai negara dapat menyaksikan dan menikmati langsung kelezatan cokelat yang dibuat oleh chef ternama. Selain itu, hal menarik dari festival ini adalah adanya fashion show yang menggunakan cokelat sebagai bahan pakaiannya.

Eurochocolat

Eurochocolat
Eurochocolat Via Instagram/wine_and_travel_italy
Beralih ke negara Italia, ada sebuah festival cokelat yang bernama Eurochocolat yang telah diadakan sejak tahun 1933 dan juga merupakan festival terbesar yang ada di Eropa. Eurochocholat banyak didatangi jutaan turis asing setiap tahunnya. Festival ini berlangsung selama sembilan hari dan berlokasi di Piazza, Italia. Banyak aktivitas yang berlangsung selama festival seperti pameran, mengukir cokelat, dan sekaligus mencicipinya.

ChocolArt

ChocolART
ChocolART Via Instagram/visit_tuebingen
Terletak di tepi sungai Neckar, Jerman, setiap tahun diadakan festival cokelat bertajuk ChocolART. Di tahun 2017 kemarin, festival ini diadakan pada tanggal 5 hingga 10 Desember. Ada banyak hal yang bisa Teman Traveler temukan di sini seperti adanya produsen cokelat dan juga biji kokoa yang berasall Belgia, Jerman, Swiss, Italia, Ekuador, dan Kolumbia. Hal yang harus diperhatikan adalah, tempat diadakan festival ini terbatas, sehingga para pengunjung harus mendaftar di hari sebelumnya.

Choco-Late

Cokelat di Belgia
Cokelat di Belgia Via Instagram/ewelina.ewelina88
Festival ini digelar di Bruges, Belgia. Teman Traveler tidak hanya menemukan aneka cokelat yang disajikan, tetapi juga dapat mempercantik diri dengan cokelat. Stan yang ada di festival ini menawarkan jasa melukis tubuh atau wajah dengan cokelat. Selain itu, juga terdapat pertunjukkan berbagai patung raksasa yang terbuat dari cokelat. Jika Teman Traveler berkunjung ke Belgia, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berkunjung ke pameran cokelat satu ini.

Chocotober Fest

Chocotober Fest
Chocotober Fest Via Instagram/gneferet
Nah, Indonesia juga punya nih pameran cokelat dan terletak di Jakarta. Tahun 2017 lalu, pameran ini diadakan pada tanggal 19 sampai 22 Oktober yang bertepatan dengan hari cokelat nasional yang jatuh pada tanggal 16 Oktober. Chocotober Fest ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan produk cokelat lokal Indonesia kepada masyarakat. Pengunjung tidak hanya dapat membeli cokelat, tetapi juga dapat belajar mengenai sejarah, cara pembuatan, serta kelas talk show.

Deretan list di atas ditujukan bagi Teman Traveler yang ingin mengetahui lebih dalam tentang cokelat. Pecinta makanan manis jangan sampai ketinggalan, ya.

Tags
Agenda festival cokelat kuliner Luar negeri
Share