Banyuwangi Menjadi Tuan Rumah Empat Festival di Bulan April, Jangan Terlewat

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Kini Banyuwangi tak hanya dikenal dengan destinasi wisata Kawah Ijen. Di kabupaten penghujung Pulau Jawa itu sudah mulai dikenal agrowisata, pantai, gunung, hingga taman nasional. Tetapi tak hanya destinasi wisata saja, Banyuwangi juga dikenal punya banyak pagelaran budaya serta festival. Seperti yang bakal digelar dalam waktu dekat ini, ada 4 Festival Banyuwangi yang bisa kamu nikmati di bulan April ini.

1. Underwater Festival

Penari Gandrung yang sedang menari di bawah air via instagram/@shandi_sumarsono

Acara yang berlangsung dari tanggal 4-6 April 2018 ini diselenggarakan di kawasan Bangsring Underwater. Festival ini terdiri dari pengamatan ikan badut (nemo) yang akan dicatat untuk memperoleh rekor MURI, tari gandrung di dalam laut, lomba kano, hingga fotografi bawah air.

Gerakan yang dilakukan tetap sama via instagram/@medcomid

2. Fishing Festival

Fishing Festival yang akan diselenggarakan di kawasan Grand Watu Dodol via instagram/@kaskusbanyuwangi

Setelah Underwater Festival, tanggal 7 April dilanjutkan dengan Fishing Festival yang diselenggarakan di Grand Watu Dodol. Mengambil lokasi di bagian utara, festival ini menantang para pemancing untuk merasakan serunya memancing di tengah lautan.

3. Ijen Green Run

Salah rute lari yang melewati kawasan alam via instagram/@ijengreenrun

Hari Minggu 8 April Banyuwangi melanjutkan festival dengan Ijen Green Run. Mengambil titik start di rest area Tamansari, perlombaan lari ini mengajak peserta untuk berkompetisi sekaligus menikmati keindahan alam di sekitar Pegunungan Ijen. Lomba ini dibagi dalam 3 kategori, yaitu Family Run, Long Run, dan Exhibition untuk anak-anak 6-12 tahun.

Peserta Ijen Green Run via instagram/@idachorida

4. Banyuwangi Kuliner & Art Week

Acara puncak Banyuwangi Art week via instagram/@isunbanyuwangi

Rehat sejenak, tanggal 12 April kegiatan festival Banyuwangi baru berlanjut. Setelah menjajal sport tourism di akhir pekan, wisatawan dapat menikmati sajian kuliner dan pagelaran seni di Banyuwangi Kuliner & Art Week. Event ini dihadiri chef Farah Quinn dan peserta juga dapat menikmati pagelaran karya seni di tempat yang sama.

Juga diramaikan dengan seni grafiti via instagram/@sucko82

Eksplorasi Banyuwangi ternyata tidak berhenti di destinasi wisata alamnya saja. Kebudayaan seperti tari gandrung dan kuliner-kuliner legendarisnya juga harus dicoba. Sudah siap menjelajah Banyuwangi?