Festival Bale Langgaq 2018, Melihat Desa Sakra Lewat Seni dan Budayanya

Selain wisata alam yang cantik, seni dan budaya Lombok juga tak kalah memukau. Termasuk Desa Sakra di Lombok Timur. Untuk mengenalkan kesenian dan kebudayaan desanya, para pemuda Desa Sakra bersama Dispar NTB menyelenggarakan event budaya bertajuk Festival Bale Langgaq 2018. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 17-21 November 2018 bertempat di Lapangan Umum Sakra. Seperti apa keseruannya? Berikut ulasan Kontributor Travelingyuk, Sidik Al-Anshori.

Acara Spesial Ber-tagline ‘Bentara Wisata Budaya Desa’

Pembukaan Festival Bale Langgaq 2018
Pembukaan Festival Bale Langgaq 2018 (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Bentara Wisata Budaya Desa merupakan tema yang diangkat pada acara festival ini. Tema ini didefinisikan bahwa pemuda-pemudi Desa Sakra mencoba menyambung kembali roh seni dan budaya desa mereka yang sudah lama tidak terdengar lagi. Acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan wisata budaya Desa Sakra kepada masyarakat dan juga wisatawan yang datang ke Lombok Timur.

Salah satu kesenian khas Lombok (Peresean)
Salah satu kesenian khas Lombok (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Tampilkan Seni dan Budaya Khas Lombok Timur

Salah satu kesenian di Lombok Timur
Salah satu kesenian di Lombok Timur (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Pada acara Festival Bale Langgaq 2018 ini sebanyak 13 jenis kebudayaan dan kesenian asli Desa Sakra ditampilkan dan memukau para pengunjung. Beberapa pertunjukan di antaranya jarang dilihat oleh masyarakat. Seperti Kelentang Tunggal, Cilokaq Tradisi, Rebane Lime, Trompong Nunggal, Peresean, dan lain sebagainya. Selain seni dan budaya, festival ini juga dilengkapi dengan gerai yang menawarkan berbagai jenis kuliner tradisional asli Sakra.

Kesenian Gendang Beleq
Kesenian Gendang Beleq (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Lestarikan Seni dan Budaya Lewat Festival

Budaya Begangsingan
Budaya Begangsingan (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Acara Festival Bale Langgaq ini diharapkan menjadi wadah mengenalkan seni dan budaya Sakra. Generasi penerus juga diharapkan dapat mengetahui lebih jauh tentang kesenian dan kebudayaan asli desa ini. Tak hanya untuk generasi penerus, ekonomi masyarakat di desa ini juga mendapatkan dampak positif setelah digelarnya festival ini.

Budaya Begangsingan
Budaya Begangsingan (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Alternatif Wisata Budaya di Lombok

Salah satu kesenian di Lombok Timur
Salah satu kesenian di Lombok Timur (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Pertunjukan Festival Bale Langgaq 2018 ini menjadi salah-satu daya tarik Desa Sakra. Masih banyak hal menarik yang bisa Teman Traveler temukan saat berlibur ke sini. Sakra sendiri merupakan desa tua di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. Berbagai jenis kesenian dan kebudayaan asli Lombok dapat ditemukan di sini. Bagi Teman Traveler yang tertarik dengan wisata Lombok bernuansa seni dan budaya desa, tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Wisata Budaya di Lombok Timur
Wisata Budaya di Lombok Timur (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Itu tadi ulasan tentang Festival Bale Langgaq 2018 yang kaya akan akan tradisi seni dan budaya khas Lombok. Teman Traveler penasaran dan ingin tahu lebih jauh mengenai seni dan budaya Lombok? Datang ke festival ini merupakan pilihan tepat dan bisa jadi agenda tahunan. Jadi, jangan ketinggalan menyaksikan event ini di tahun berikutnya ya.

Tags
Indonesia Lombok Lombok Timur Nusa Tenggara Barat Travelingyuk Wisata Lombok Timur
Share