Sebelum Berkunjung, Baca Dulu Fakta Unik tentang Komodo

Tanggal 11 November 2011 adalah tanggal yang perlu diingat bangsa Indonesia. Karena pada tanggal tersebut, Taman Nasional Komodo masuk ke dalam New 7 Wonder bersamaan dengan  Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain. Komodo, hewan yang hidup di dalam kawasan taman nasional ini juga merupakan hewan langka yang dilindungi. Namun sudah tahukah kamu beberapa fakta unik tentang komodo ini?

Larinya Cepat Lho

Dapat berlari mencapai kecepatan 20 kilometer per jam via instagram
Dapat berlari mencapai kecepatan 20 kilometer per jam via instagram/@just_in_cairns

Meskipun tampaknya komodo hanya suka berjemur dan malas-malasan, kamu harus tetap wapada dengan hewan ini. Karena hewan yang dilindungi ini memiliki gerakan yang lincah dan termasuk pelari yang cepat. Komodo dapat berlari dengan kecepatan 18 hingga 20 kilometer per jam.

Berumur Panjang

Bintik kuning yang ada di sekitar mata yang menandakan usia via instagram
Bintik kuning yang ada di sekitar mata yang menandakan usia via instagram/@iskandar_arifin

Berbeda dengan hewan lain yang usianya tak terlalu panjang. Hewan yang dilindungi ini termasuk memiliki umur yang panjang. Komodo dapat bertahan hidup selama 40 hingga 50 tahun. Jika ingin melihat seberapa tua hewan ini, kamu dapat mengamati titik kuning yang ada di sekitar matanya. Semakin sedikit titik kuning yang ada di sekitar matanya, berarti semakin tua hewan ini.

Juga Lincah di Air

Komodo juga merupakan hewan yang lincah di air via instagram
Komodo juga merupakan hewan yang lincah di air via instagram/@travel_sauce

Selain memiliki kempampuan berlari yang cukup lincah, komodo termasuk perenang yang handal. Sekali berenang komodo dapat menempuh jarak lebih dari 300 meter. Hal tersebut juga yang membuat mereka sering berenang menyeberangi pulau-pulau yang jaraknya tak terlalu jauh.

Agresif dengan Bau Darah, Ngeri

Hewan ini juga peka terhadap bau darah via instagram
Hewan ini juga peka terhadap bau darah via instagram/@mona_goes_traveling

Meskipun terlihat tenang, komodo adalah hewan yang sangat peka dan agresif. Reptil raksasa ini juga dapat menjadi ganas sewaktu-waktu jika mencium bau darah. Meskipun berada dalam radius yang cukup jauh. Karena itu, jika kamu memiliki luka yang belum kering atau sedang datang bulan, jangan trekking di sekitar Taman Nasional Komodo.

Ritual Kawin yang Unik

Komodo jantan akan bertarung sebelum kawin via instagram
Komodo jantan akan bertarung sebelum kawin via instagram/@evanapartu

Komodo betina telah siap berkembang biak saat memasuki usia tujuh tahun. Sedangkan yang jantan akan siap berkembang biak pada usia sepuluh tahun. Komodo betina adalah hewan yang menjadi primadona di kalangannya. Karena saat musim kawin, komodo jantan akan bertarung untuk memperebutkan satu betina. Pemandangan ini dapat kamu temukan di antara bulan Juni dan Juli setiap tahun.

Menyaksikan hewan ini hidup dalam habitat aslinya adalah pengalaman tersendiri. Terlebih lagi dengan panorama di sekitar Taman Nasional Komodo yang juga memukau. Namun sebelum pergi ke sana, pahami dulu bagaimana naluri alami hewan ini.

Tags
Indonesia komodo Taman Nasional Komodo tips Wisata
Share