Viral Sleep Box Terancam Ditutup di Jakarta, Ini Fakta Mencengangkan di Baliknya

Akhir-akhir ini media sosial diramaikan dengan adanya penggeledahan satu tempat kost yang berada di Jakarta. Hal ini dikarenakan indekost yang diberi nama sleep box tersebut dianggap tidak layak untuk ditempati. Selain itu, indekos satu ini diduga tidak memiliki perizinan dan ada beberapa fakta lain yang mengejutkan. Nah, untuk lebih lengkapnya bisa simak ulasan yang ada di bawah ini. 

Pemilik Indekost Terinspirasi Hotel Kapsul di Jepang 

sleep box
Terinspirasi hotel kapsul di Jepang via instagram/garrylotulung

Rumah kost yang berkonsep sleep box ini ternyata meniru desain hotel kapsul di Jepang. Hal ini disampaikan oleh Shincan yang merupakan penjaga kost. Ia menerangkan kembali bahwa kualitas memang tidak lebih baik dari Jepang. Namun, pemilik kos bernama Sunang Kori hanya ingin memberikan tempat berteduh kepada masyarakat yang berpenghasilan dua hingga empat juta rupiah per bulannya. 

Biaya yang Sangat Murah 

sleep box
Biaya yang sangat murah via instagram/ussfeed

Kost yang berlokasi di Jl. Rawa Selatan V, Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat ini memang memiliki biaya yang sangat murah. Dilansir dari laman Kompas, setiap kamar disewakan dengan harga Rp50 ribu per malamnya. Sedangkan untuk kamar atas, disewakan dengan harga Rp300 ribu setiap bulan. Kamar bawah disewakan Rp400 ribu per bulannya. Biaya ini amatlah murah dibandingkan dengan harga kos di Jakarta yang rata-rata Rp500 ribu sampai Rp1 juta setiap bulan. 

Ukurannya yang Sangat Mini untuk Orang Dewasa 

Ukurannya sangat mini untuk orang dewasa via instagram/ussfeed

Kamar kost yang ada di sleep box tersebut ukurannya cukup mencengangkan nih, Teman Traveler. Kamar atas mempunyai ukuran 2 x 1 x 90 centimeter, sedangkan ruangan bawah berukuran 2 x 1,25 x 90 centimeter. Di dalam kamar sudah tersedia kasur busa, bantal, lampu dan juga stop kontak. Disiapkan juga pintu yang didesain seperti jendela berbahan besi dan dapat digeser ke kiri atau kanan. 

Ada Beberapa Orang yang Kontra dengan Penutupan Kos 

Ada kontra di penutupan kos via instagram/ussfeed

Melihat penutupan indekost tersebut, ada beberapa orang yang sangat menyayangkan. Seperti Shincan si penjaga kos yang mengungkapkan apabila akomodasi satu ini ditutup, akan membuat kebingungan orang-orang yang telah menginap. 

Kemudian Devie Rahmawati selaku pengamat sosial dari Vokasi Universitas Indonesia yang mengatakan sleep box seperti ini sangat wajar. Menurutnya, konsep hunian sleep box ini tinggal ditata dengan baik. Pemerintah juga bisa berkolaborasi dengan pemilik kos untuk menciptakan kamar yang murah dan nyaman. 

Jadi, seperti itulah gambaran tentang sleep box yang kini terancam ditutup oleh pemerintah setempat. Meskipun berniat ingin membantu, namun hal tersebut dianggap salah lantaran ukuran kamarnya sangatlah kecil. Lantas, bagaimana menurut Teman Traveler sendiri, apakah akomodasi ini sudah seharusnya ditutup atau tetap dibuka? 

Tags
Akomodasi Indonesia info terbaru Jakarta Pusat sleep box
Share