Karakter Surakarta, Kota Asal Jokowi yang Lekat Sejarah Kesultanan

Advertisement

Surakarta atau yang lebih dikenal dengan nama Kota Solo, adalah kota di Jawa Tengah yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Kota asal Presiden Indonesia, Jokowi, ini juga memiliki slogan pariwisata yang berbunyi The Spirit of Java. Namun sebelum mengunjungi Solo, pahami dulu karakter kota yang lekat dengan sejarah kesultanan Indonesia tersebut.

Kuliner yang Serba Nikmat dan Murah

Tengkleng, kuliner Solo yang terbuat dari daging kambing via instagram
Tengkleng, kuliner Solo yang terbuat dari daging kambing via instagram/@cha.unv

Sangat disayangkan apabila datang ke Solo tanpa menikmati sajian kulinernya. Karena kota ini memiliki berbagai macam jenis kuliner yang nikmat. Beberapa di antaranya juga terjangkau. Seperti serabi yang dapat ditemukan dengan mudah dan dijadikan oleh-oleh. Selain itu juga terdapat beberapa kuliner lain seperti Timlo, Nasi Liwet, dan juga Tengkleng.

Kota yang Masih Kuat Budayanya

Solo Batik Carnival, salah satu festival di Kota Solo via instagram
Solo Batik Carnival, salah satu festival di Kota Solo via instagram/@solobatikcarnival_officia

Beberapa kota dan daerah di sekitar Jawa Tengah memang masih benar-benar menjaga budayanya, begitupun dengan Solo. Jika ingin melihat kota ini dengan situasi yang meriah, kamu dapat datang saat pegelaran festival dan budaya sedang berlangsung. Tak hanya festival tradisional, beberapa festival modern pun juga diselenggarakan di Solo.

Kota Batik

Perajin batik di Kampung Batik Kauman via instagram
Perajin batik di Kampung Batik Kauman via instagram/@@brendanatasya

Mencari batik di Kota Solo bukan hal yang sulit. Di mall ataupun di pasar, pedagang batik dapat dengan mudah ditemukan. Jika ingin lebih detail, kamu dapat datang ke Kampung Batik Laweyan juga Kampung Batik Kauman. Beberapa motif batik solo yang populer adalah sidomukti, sidoluruh, dan juga sidoasih.

Jelajah Kota minim Lelah

Wilayah kota yang tak teralu luas via instagram
Wilayah kota yang tak teralu luas via instagram/@muhlis_adi

Menjelajah Solo tidak akan terasa terlalu melelahkan, kecuali kamu berjalan kaki kemana-mana. Karena kota asal Presiden Jokowi ini tidak terlalu luas. Solo memiliki luas sebesar 44 kilometer persegi dengan lima kecamatan dalam wilayahnya. Kota ini juga berbaatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Sukoharjo.

Meskipun wilayahnya tak terlalu luas, Kota Solo memiliki daya tarik wisata yang berbeda dari kota-kota lainnya di Indonesia. Baik kuliner maupun budayanya yang masih terjaga menjadi salah satu magnetnya untuk wisatawan. Punya rencana datang ke Solo dalam waktu dekat?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Solo Wisata
Share