Barisan Fakta Menarik Gunung Agung, Keindahan Alam yang Disucikan

Rero Rivaldi

Rero Rivaldi

On Indonesia
Fakta menarik Gunung Agung Fakta menarik Gunung Agung

Gunung Agung belakangan ini jadi sorotan seluruh dunia. Gunung tertinggi di Pulau Dewata tersebut mengalami erupsi dan membuat aktivitas transportasi udara di sekitar Bali sempat dihentikan. Namun terlepas dari apa yang terjadi belum lama ini, ada beberapa fakta menarik Gunung Agung yang layak disimak.

Di balik keindahannya, gunung yang pertama kali mengalami erupsi pada 1834 silam ini punya sederet hal unik hingga membuatnya beda dari gunung pada umumnya. Mulai dari pura hingga tempat yang disucikan, berikut adalah sejumlah fakta menarik Gunung Agung yang patut Teman Traveler simak.

1. Puncak Tertinggi Bali

Pemandangan dari puncak
Pemandangan dari puncak via Instagram mybaliwisataa

Gunung Agung merupakan puncak tertinggi di Pulau Dewata. Ketinggiannya mencapai 3.031 meter di atas permukaan laut. Para pendaki yang berhasil menaklukkan gunung ini bakal berkesempatan menyaksikan kemegahan Gunung Rinjani, yang berdiri tegap di seberang pulau.

Tak heran jika Gunung Agung lantas masuk salah satu destinasi populer di kalangan pendaki. Bukti kemegahan alam ini terletak di kawasan Karangasem, Bali. Tepatnya di daerah Kecamatan Rendang.

2. Rumah Pura Penting

Pura Besakih
Pura Besakih via Instagram rameliavitra

Gunung Agung merupakan rumah dari salah satu pura terpenting di Bali, Besakih. Sejak 1995 silam UNESCO sudah menetapkan Besakih dalam daftar pengusulan situs warisan budaya dunia. Letaknya ada di lereng Gunung Agung dan merupakan satu dari sekian banyak peninggalan budaya menarik di Pulau Dewata.

Pura Besakih merupakan sebuah kompleks besar. Di dalamnya terdapat tak kurang dari 18 pura pendamping, salah satunya Pura Basukian. Besakih sendiri adalah pura pusat yang disebut juga sebagai Pura Penataran Agung Besakih.

3. Tak Bisa Didaki Sembarangan

Gunung yang tak boleh didaki sembarangan
Gunung yang tak boleh didaki sembarangan via Instagram thatchinafromjava

Berbeda dengan gunung lain pada umumnya, Gunung Agung tidak bisa didaki sembarangan. Sebelum melakukan perjalanan ke puncak, para pendaki wajib melakukan pengecekan di Pura Besakih. Andai di sana sedang diadakan upacara keagamaan, maka seluruh aktivitas pendakian wajib dihentikan. Menurut aturan adat Bali, saat ritual dilaksanakan tidak boleh ada seorang pun yang posisinya lebih tinggi dari Besakih.

Panorama yang tersaji di puncak Gunung Agung sendiri amat luar biasa. Seperti yang disebutkan sebelumnya, dari puncak Teman Traveler bisa menatap langsung indahnya gunung Rinjani di Lombok dan juga gugusan indah Kepulauan Nusa Penida.

4. Gunung Keramat

Dianggap gunung keramat
Dianggap gunung keramat via Instagram mega_permai

Seperti kebanyakan gunung di Indonesia, Gunung Agung juga menyimpan kisah mitos atau legenda tertentu. Warga Bali percaya bahwa Gunung Agung merupakan tempat berseyamnya para Dewa. Tak heran jika hingga kini ada banyak orang yang menganggapnya sebagai lokasi suci atau keramat.

Pendaki yang berminat menaklukkan gunung ini tak boleh sembarangan. Selain tak boleh mendaki di saat ada upacara keagamaan, biasanya juga diwajibkan mengajak warga lokal sebagai pemandu.

Itulah tadi beberapa fakta menarik Gunung Agung yang patut Teman Traveler ketahui. Semoga saja erupsi yang terjadi belakangan ini tak membawa dampak negatif pada warga Bali dan juga sekitarnya.