Cepat Capek Saat Jalan Kaki Ketika Liburan? Bisa Jadi Kamu Terkena Penyakit ini

Advertisement

Kenikmatan yang dirasakan oleh traveler saat liburan memang banyak. Selain dapat mengenal dunia baru, suguhan destinasi wisata alam maupun air menyapa ramah mata mereka. Dibalik liburan yang indah, semua wisatawan pasti pernah merasakan lelahnya jalan kaki. Namun, siapa sangka jika tingkat kecepatan saat berjalan ini dapat mengetahui kondisi tubuh. Wah benarkah?

Liburan Identik dengan Jalan Kaki

Menyusuri Pura Uluwatu dengan Medan Naik Turun
Menyusuri Pura Uluwatu dengan Medan Naik Turun

Mungkin banyak dari kita yang tidak sadar jika saat liburan adalah waktu terlama berjalan kaki. Jangankan untuk naik gunung yang jelas tidak ada kendaraan untuk sampai puncak, saat ke pantai atau bahkan wahana wisatapun juga menjelajahinya dengan berjalan bukan? Apalagi, objek wisata tersebut mengharuskan kita tracking terlebih dulu sebelum menikmati keindahan alamnya. Atau ketika berkeliling memutari sebuah tempat rekreasi yang luasnya hingga berhektar-hektar. Terbuktikan jika liburan selalu identik dengan jalan kaki.

Kondisi Tubuh Tergantung Kecepatan Saat Berjalan

Menyusuri Objek Wisata
Menyusuri Objek Wisata

Jalan kaki memang sehat, apalagi bagi mereka yang sudah hobi dengan aktifitas tersebut. Tidak hanya, ternyata dengan kecepatan langka kaki kamu bisa loh memperkirakan kondisi tubuhmu. Semakin lambat seseorang berjalan, makan ada penurunan metabolisme tubuh yang dapat berakibat dengan organ lainnya. Dilansir dari Daily Mail, lambatnya jalan seseorang ternyata merupakan peringatan awal gagal jantung. Wah, sudah tahu berapa kecepatanmu belum?

Konsultasi Dokter Untuk Menunjang Dugaan Penyakit

Jaga Kesehatan Agar Tetap Bisa Liburan Keliling Dunia
Jaga Kesehatan Agar Tetap Bisa Liburan Keliling Dunia [image source]
Banyak teori yang membuktikan jika semakin lamanya seseorang berjalan rentan mengalami penyakit jantung. Namun, kamu jangan sampai gegabah dan mendiagnosa tubuh memiliki penyakit tersebut. Lebih baik kunjungi rumah sakit dan konsultasikan kesehatanmu dengan dokter. Tanyakan, hipotesamu tersebut memang benar atau tidak dan mintalah saran untuk tetap sehat saat berliburan.

Tips Sehat dan Kuat Untuk Jelajah Dunia

Hidup Sehat Saat Traveling
Hidup Sehat Saat Traveling [image source]
Nah, untuk berjalan lebih cepat dan mencegah penurunan metabolisme tubuh, lebih baik kembali mengatur pola hidup sehat dari awal lagi. Selain makan makanan yang berserat dan juga sehat, imbangi juga dengan olahraga rutin seperti jogging. Yang paling penting adalah istirahat cukup agar aktivitasmu jelajah dunia tidak akan terganggu.

Jalan kaki saat liburan memang sehat tapi juga dapat mengontrol kesehatan tubuhmu. Tidak hanya itu, kamu pun juga bisa berhemat ketika memilih berjalan dibandingkan naik kendaraan. Yang terpenting tidak sampai terlalu lelah.

Advertisement
Tags
tips traveling
Share