4 Fakta French Fries yang Mengejutkan dan Tak Banyak Orang Tahu

Makanan cepat saji selalu menjadi pilihan saat tengah lapar-laparnya. Apalagi ditambah dengan segelas soft drink yang menyegarkan. Dari banyaknya jenis camilan ini, kentang goreng atau french fries yang tergolong laris manis. Namun, sudah tahukah kamu jika makanan ini punya banyak fakta mengejutkan? Penasaran kan? Berikut beberapa fakta french fries yang tak banyak orang tahu.

Asal Usul yang Diperebutkan Banyak Negara

French Fries dengan aneka saos
French Fries dengan aneka saos via instagram/@dailyfries

Kelezatan dari french fries memang diperebutkan pecintanya. Namun, siapa sangka di balik itu, ada banyak negara yang mengklaim camilan ini sebagai makanan khasnya. Ada Prancis, Spanyol, dan juga Belgia yang bersikeras bahwa makanan ini berasal dari negara mereka. Prancis menyebut bahwa pedagang kaki lima di Jembatan Pont Neuf merupakan orang pertama yang menjual french fries. Spanyol mengaku bahwa merekalah yang memiliki argumen untuk menciptakan camilan ini. Sementara Belgia kekeh dengan French fries makanan khasnya.

Rahasia di Balik Warna Keemasan

French Fries dengan taburan daun seledri
French Fries dengan taburan daun seledri via instagram/@hungryhungry

Siapa yang suka dengan kentang goreng pasti pernah membuatnya di rumah. Namun, hasilnya pasti jauh beda dengan yang disajikan di restoran cepat saji. French fries ala restoran cepat saji warnanya kuning keemasan dan tidak lembek. Ternyata, rahasia warna keemasan tersebut berasal dari siraman larutan gula. Beberapa restoran waralaba menyemprot potongan kentang sebelum dikemasi dan dikirim ke cabangnya.

Tekstur Kriuk di Bagian Luarnya

French Fries hangat
French Fries hangat via instagram/@wonder.ellie

Tidak hanya soal warna keemasan, ternyata tekstur dari french fries di restoran cepat saji tidak mudah ditiru. Ada rahasia khusus yang membuatnya kriuk saat pertama kali digigit. Bagian dalamnya lembut dan bikin ketagihan. Tekstur ini berasal dari cara penggorengannya. Tak hanya sekali, french fries dimasak dua kali dengan jenis minyak yang berbeda suhunya. Hasilnya, tentu saja nikmat, apalagi ditaburi dengan saus atau garam.

Kandungan Akrilamida di Dalamnya

French Fries pedas
French Fries pedas via instagram/@geleiahamburgueria

Di balik cita rasanya yang menggiurkan, ada fakta mengejutkan lain dari french fries. Camilan cepat saji ini mengandung senyawa kimia bernama alcrylamide atau akrilamida. Senyawa kimia ini berkembang dari makanan bertepung yang dimasak pada suhu tinggi. Akibat mengonsumsi senyawa ini, memicu seseorang berpotensi terkena kanker atau bahan ini termasuk karsinogenik. Namun, hal tersebut jika orang tersebut mengonsumsinya dalam jumlah cukup banyak.

Nah, itulah beberapa fakta mengejutkan tentang french fries yang tidak banyak orang tahu. Bagaimana, kamu tetap memfavoritkan makanan ini kan?

Tags
Fakta French Fries
Share