Menjelajahi Lampung Utara di 10 Tempat Wisatanya yang Oke Punya

Alfri

Alfri

On Indonesia

Lampung Utara adalah sebuah kabupaten di provinsi Lampung yang mengalami banyak sekali penyusutan luas wilayah lantaran program pemekaran. Dari semula luas total mencapai lebih dari 19 ribu kilometer persegi dan menjadi kabupaten terluas di Lampung kini luasnya tidak lebih dari 2.700-an kilometer saja.

Dulu Lampung Utara meliputi kawasan-kawasan seperti kabupaten Way Kanan, Lampung Barat, Pesisir Barat, Tulang Bawang hingga Mesuji. Sudah pasti potensi wisata yang dimiliki kabupaten ini di masa lalu sangat beragam. Tapi setelah kini wilayahnya menyusut tetap saja kabupaten Lampung Utara masih menyisakan spot-spot keren yang layak traveler singgahi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Bendungan Way Rarem, Suguhan Pemandangannya Membuat Pengunjung Kesengsem

Lokasi kabupaten Lampung Utara yang berada di tengah-tengah pulau praktis membuatnya tidak memiliki laut yang bisa diandalkan sebagai tujuan wisata air. Sebagai gantinya kabupaten ini mengembangkan wisata bendungan sebagai tujuan wisata air yang representatif. Satu bendungan yang cukup terkenal sebagai objek wisata adalah Bendungan Way Rarem.

Bendungan Way Rarem, via instagram
Bendungan Way Rarem, via instagram

Bendungan Way Rarem adalah suatu fasilitas yang dibangun untuk kepentingan irigasi dan penampungan sumber air. Di samping itu bendungan ini juga memiliki fungsi lain sebagai tujuan rekreasi dengan dibangunnya berbagai fasilitas bermain untuk para pengunjung. Bendungan Way Rarem terletak di desa Pekurun, kecamatan Abung Barat yang berjarak sekitar 36 kilometer dari ibukota Lampung Barat, kecamatan Kotabumi.

2. Bendungan Tirta Shinta, Pilihan Wisata Air Lain yang Siap untuk Disapa

Kabupaten Lampung Utara tidak kekurangan sumber daya untuk menarik kunjungan wisata. Selain Bendungan Way Rarem, pilihan tempat wisata air lainnya bisa dijumpai di Bendungan Tirta Shinta. Bendungan ini terletak di desa Wonomarto, kecamatan Kotabumi dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer dari pusat kota dan 111 kilometer dari kota Bandar Lampung.

Bendungan Tirta Shinta, via instagram
Bendungan Tirta Shinta, via instagram

Luas area bendungan ini memang jauh lebih kecil dibanding dengan Bendungan Way Rarem namun fasilitas dan pemandangan dari bendungan ini tidak kalah indah. Beberapa fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung antara lain taman bermain, sepeda air, musala dan masih banyak lagi. Banyaknya pepohonan yang tumbuh di pinggir bendungan menjadi spot yang nyaman untuk berteduh sambil menggelar bekal piknik.

3. Curup Talang, Biar Kecil Tapi Cukup Untuk Bersenang-Senang

Kebanyakan tempat wisata yang ditawarkan Lampung Utara berupa air terjun. Hanya saja sebagian besar air terjun di kabupaten ini berada di daerah yang tersembunyi dan belum dikembangkan sebagai tempat wisata. Sehingga traveler harus punya niat untuk blusukan jika mau menemukan pemandangan indah tersebut.

Curup Talang, via instagram
Curup Talang, via instagram

Satu air terjun yang terdapat di Lampung Utara adalah Curup Talang. Seperti namanya, curup ini tidak terlalu tinggi dan hanya mengalir seperti talang air. Dari informasi di instagram traveler bernama @saefulrr air terjun ini tersembunyi di dalam wilayah Blambangan Umpu. Tidak dijelaskan secara detil koordinat keberadaan air terjun yang memiliki aliran air jernih ini.

4. Curup Selampung, Air Terjun yang Misterius

Travelingyuk menyebut air terjun Curup Selampung sebagai air terjun misterius yang dimiliki kabupaten Lampung Utara. Pasalnya deskripsi mengenai air terjun ini sudah cukup banyak dan mudah ditemui di internet namun tak satupun yang menampilkan gambarnya secara jelas. Oleh sebab itu kami tidak menampilkan foto untuk tempat wisata satu ini.

Secara umum Curup Selampung memiliki dua buah terjunan air dengan ketinggian masing-masing 12 dan 20 meter. Dari informasi yang beredar curup ini terkenal cukup mistis. Pada malam-malam tertentu banyak warga yang mengaku mendengar tentara baris di sekitar air terjun. Tak sedikit pula warga yang datang ke air terjun ini untuk mencari harta karun yang kabarnya adalah harta peninggalan pasukan Jepang.

5. Way Tebabeng, Taman Wisata yang Ngetren di Lampung Utara

Way Tebabeng adalah taman wisata yang sempat menjadi primadona di wilayah Lampung Utara. Tempat ini berupa waduk dengan bendungan yang punya nama sama dan digunakan sebagai sarana irigasi serta penampungan air. Taman wisata ini ditumbuhi oleh pepohonan rindang yang cocok untuk dijadikan lokasi rekreasi bersama keluarga.

Way Tebabeng, via instagram
Way Tebabeng, via instagram

Taman Wisata Way Tebabeng berada di desa Jagang, kecamatan Blambangan Pagar, kabupaten Lampung Utara. Lokasinya dekat dengan Jalan Lintas Sumatera dan hanya berjarak sekitar 4 kilometer saja dengan kondisi jalan yang mulus.

6. Curup Indah Klawas, Bermain Air Bisa Sampai Puas

Kembali lagi dengan tujuan wisata berupa air terjun. Memang daerah Lampung Utara adalah lokasi yang tepat untuk traveler yang memiliki minat lebih pada spot-spot terjunan air. Satu lagi yang bakal menghibur traveler adalah Curup Indah Klawas. Curup atau air terjun cantik ini berada di dusun Gunung Klawas, desa Pekurun, kecamatan Abung Barat.

Curup Indah Klawas [image source]
Curup Indah Klawas [image source]
Lokasi Curup Indah Klawas sekitar 30 kilometer dari ibukota Lampung Barat, Kotabumi. Ketinggian air terjun ini tergolong sedang dengan debit air yang tidak terlalu deras sehingga cukup aman untuk bermain di bawah guyuran airnya langsung. Air terjunnya juga tergolong unik lantaran tidak langsung jatuh dari bibir tebing melainkan seperti mengalir merambat dari dinding batu hingga ke kolam yang ada di bawahnya.

7. Curup Waras, Spot Air Terjun untuk Basah-Basahan

Mencari lokasi air terjun yang aman untuk main air hingga basah-basahan di Lampung Utara? Salah satu rekomendasinya adalah dengan mengunjungi Curup Waras. Curup dengan air yang jernih dan kolam dangkal ini bisa traveler jumpai di kawasan Tanjung Waras, kecamatan Bukit Kemuning.

Curup Waras, via instagram
Curup Waras, via instagram

Setiap akhir pekan banyak anak muda yang datang ke Curup Waras untuk berekreasi. Umumnya mereka tidak akan tahan hanya menyaksikan keindahan air terjunnya saja. Mereka akan masuk ke dalam kolam dan bermain air hingga basah. Meski cukup aman untuk bermain air namun pengunjung harus tetap memperhatikan cuaca ya.

8. Curup Menjukut, Spot Menantang Rasa Takut

Curup Menjukut, begitulah sebutan untuk air terjun yang juga masih berada di wilayah kecamatan Bukit Kemuning. Dari foto terlihat jika air terjun ini merupakan air terjun bertingkat dengan ketinggian yang lumayan pendek. Di bawahnya terdapat kolam yang dijadikan arena untuk berenang.

Curup Menjukut, via instagram
Curup Menjukut, via instagram

Dari informasi yang diberikan oleh akun instagram @kembaranshaleh, air terjun ini sering digunakan sebagai spot uji nyali. Dari tingkat kedua traveler bisa mencoba melakukan cliff jumping ke dalam kolam. Ukuran tebing tersebut sekitar 3-4 meter sebelum tubuh traveler menceburkan diri ke dalam kolam. Berani meniru adegan di foto?

9. Curup Muara Aman, Masih Tersembunyi dari Radar Wisatawan

dari sekian air terjun yang ada di lampung Utara, Curup Muara Aman adalah yang paling tersembunyi dan sulit dideteksi keberadaannya. Travelingyuk sudah mencoba untuk menggali berbagai informasi namun tak satu pun artikel yang merujuk pada penjelasan mengenai spot keren ini.

Curup Muara Aman, via instagram
Curup Muara Aman, via instagram

Hanya ada satu foto dari akun @kembaranshaleh yang memposting penampakan dari Curup Muara Aman. Itupun tanpa ada caption tambahan mengenai lokasi keberadaan serta akses menuju ke sana. Jika traveler Lampung ada yang tahu, boleh dong bantu Travelingyuk melengkapi deskripsi tentang air terjun satu ini.

10. Tugu Payan Mas, Landmark Lampung Utara yang Terkenal

Destinasi terakhir berada di ibukota Lampung Utara yaitu Kotabumi. Kotabumi adalah kota tertua di provinsi Lampung sehingga wajib traveler kunjungi. Bakal banyak pengalaman unik yang didapat di kota ini. Salah satunya adalah mengapresiasi keindahan Tugu Payan Mas yang menjadi ikon kabupaten Lampung Utara.

Tugu Payan Mas, via instagram
Tugu Payan Mas, via instagram

Tugu Payan Mas dalam bahasa setempat memiliki arti “Tugu Tombak Emas” yang merujuk pada senjata tradisional masyarakat Lampung khususnya Suku Abung. Penampakan tugu ini melambangkan 9 Marga Pepadun Lampung Utara yang dituangkan dalam bentuk 9 Payan atau semacam perisai yang mengitari tugu. Traveler bisa berfoto-foto di depan tugu ini yang menjadi bukti sahih kalau kalian sudah pernah menginjakkan kaki di Lampung Utara.

Bila masih ada tempat wisata di Lampung Barat yang masih tercecer dan belum masuk dalam daftar Travelingyuk, kalian bisa membantu kami melengkapinya. Cukup tuliskan nama destinasi dan sedikit deskripsi di kolom komentar.