Event di Bali Sepanjang September 2019, Ada Apa Saja Ya?

Bali memang tak pernah kehabisan cara untuk memanjakan para wisatawan. Selain dengan wisatanya yang amat beragam, Bali juga turut mengadakan event di sejumlah wilayah. Buktinya, ada beberapa event di Bali yang digelar selama Bulan September 2019. Kalau ingin tahu apa saja acara yang ada, bisa simak ulasan berikut ini. 

Petitenget Arts & Spirit Festival

event bali september 2019
Petitenget Arts and Bali Spirit Festival 2018 via instagram/monikdeviana

Petitenget Arts and Bali Spirit Festival pertama kali digelar pada tahun 2018 di area Pantai Petitenget. Selain menampilkan banyak atraksi seni budaya, festival ini juga menjadi kebangkitan Tarian Wayang Wong yang sudah 72 tahun mati suri, dan kemudian ditampilkan kembali oleh seniman lokal Desa Kerobokan. Acara ini digelar di wantilan Pura Petitenget, Kerobokan, Kuta.

Festival ini diagendakan rutin tiap tahun di bulan September, dengan beberapa kegiatan. Di antaranya, Bali Food Festival, berbagai macam lomba, penampilan group band lokal Bali, lomba memancing dan masih banyak kegiatan menarik lainnya. Kalau penasaran dengan festival satu ini, bisa datang pada tanggal 13 sampai 15 September 2019. 

Festival Jatiluwih

event bali september 2019
Festival Jatiluwih 2018 via instagram/dwiiprasmanaa

Ada lagi acara menarik yang bisa Teman Traveler kunjungi. Namanya adalah Festival Jatiluwih yang digelar pada tanggal 20 – 21 September 2019. Di dalam festival ini terdapat banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan. Seperti  aktivitas matekap (membajak sawah), menanam padi, ngejuk lindung (menangkap belut), permainan tradisional, parade dan kemah budaya, lalu lomba foto serta video untuk lokal maupun untuk umum. 

Menariknya lagi, festival yang diselenggarakan di kawasan Daya Tarik Wisata (DTW) Jatiluwih, Tabanan-Bali ini akan menghadirkan sesuatu yang mengesankan. Yaitu adanya instalasi bambu berbentuk Dewi Sri yang terbuat dari 500 batang bambu. Instalasi tersebut diletakkan di samping persawahan yang membuatnya semakin terlihat menakjubkan. 

Mahabandana Prasadha

Mahabandana Prasadha 2017 via instagram/oka_jaya_w 

Bersamaan dengan Festival Jatiluwih, ada acara yang tak kalah menarik yaitu Mahabandana Prasadha. Acara tersebut merupakan kegiatan peringatan Puputan Badung yang dikemas apik dalam Festival Puputan Badung.

Hal ini lantaran kawasan tersebut pernah terjadi peristiwa heroik Puputan Badung dengan tokoh sentral I Gusti Ngurah Made Agung yang kini sebagai Pahlawan Nasional. Dalam kegiatan ini akan diadakan berbagai parade seni dan budaya Bali.

Lovina Festival 

Lovina Festival 2018 via instagram/endriana_photo

Diselenggarakan di Kalibukbuk dan Desa Kaliasem, Lovina Festival mencerminkan keindahan Pantai Lovina dengan pasir hitamnya yang berkilau dan sunset yang memukau. Selama festival, Teman Traveler dapat menikmati kolaborasi penampilan musik, tarian tradisional Bungbung, pertunjukan wayang, parade kebudayaan di desa sekitar Lovina, dan bahkan pesta di Pantai Kaliasem.

Hal yang paling dinantikan di festival ini adalah pertunjukan kembang api dan parade budaya, di mana penduduk setempat juga ikut andil. Seru banget kan? Yuk datang ke festival pada tanggal 25 – 28 September 2019. 

Nah, itu dia beberapa event di Bali sepanjang Bulan September 2019. Jadi, berlibur ke Bali tidak harus ke pantai, tetapi bisa juga mengunjungi beberapa event-event yang populer di Bali. Yuk segera catat tanggalnya dan siapkan tiket untuk meluncur ke pulau dewata. 

Tags
Bali event bali september 2019 Indonesia info terbaru
Share