Es Pisang Ijo di Cilacap, Nikmat Disantap Siang-Siang

Siapa sih yang tidak kenal dengan es pisang ijo? Kuliner khas Makassar ini menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Kuliner yang disajikan menggunakan pisang berbalut kulit tepung berwarna hijau ini tidak hanya bisa ditemui di Makassar, tapi juga di kota-kota lainnya, salah satunya adalah Cilacap. Berikut beberapa rekomendasi es pisang ijo di Cilacap yang dapat kamu coba.

Es Pisang Ijo Pak Harli

img_20190920_135355_1_XCs.jpg
Es pisang ijo tanpa sirup merah (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Yang pertama adalah warung Es Pisang Ijo Pak Harli. Lokasinya berada di Jalan M.T. Haryono, Cilacap Selatan, tepatnya di depan SD Negeri 01 Tegalreja. Melihat cara penyajiannya, Teman Traveler bakal menemukan sesuatu yang beda dari es pisang ijo Makassar pada umumnya, sebabnya karena tidak disajikan bersama sirup merah. Hasilnya, tampilannya berwarna putih susu.

img_20190920_140828_Ecw.jpg
Gerobak Es Pisang Ijo Pak Harli (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Pisang yang digunakan adalah pisang kepok kuning yang sudah matang. Tekstur vla yang digunakan cenderung padat seperti bubur sumsum, namun rasanya sangat gurih. Akan sangat nikmat jika disantap bersama potongan pisang ijo, suwiran roti tawar, susu kental manis, dan serutan es.

Es Pisang Ijo Batalyon

img_20190920_153031_JHP.jpg
Ada potongan melonnya (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Disebut Batalyon karena lokasi gerobak es pisang ijo ini terletak di depan Lapangan Eks Batalion Cilacap, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, berseberangan dengan Jalan Tanjung. Tendanya hanya berupa kursi plastik tanpa meja, sehingga pelanggan lebih sering membelinya dengan sistem take away.

img_20190920_142601_aiC.jpg
Gerobaknya khas dengan warna pink (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Isian Es Pisang Ijo Batalyon lebih beragam, yaitu terdiri dari pisang ijo yang terbuat dari pisang tanduk, vla, bubur mutiara, potongan roti tawar, potongan melon, dan kacang sangrai. Kemudian semua itu disiram dengan susu kental manis dan sirup merah dan serutan es. Rasanya, luar biasa segar!

Es Pisang Ijo Prapatan Bandengan

img_20190922_110531_1gO.jpg
Spesial dengan potongan nangka (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, es pisang ijo yang satu ini sangat saya rekomendasikan!

Dari namanya, bisa ditebak kalau lokasi es pisang ijo tersebut berada di perempatan Bandengan Cilacap, tepatnya di ruas Jalan Wahidin, kelurahan Sidakaya, Cilacap Selatan. Warung tendanya cukup tertutup rapat sehingga aman dari tiupan angin dan debu. 

img_20190922_112112_euf.jpg
Es pisang ijo favorit di Cilacap (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Yang unik, pisang yang digunakan di warung ini adalah pisang lempeneng, jenis pisang yang cukup jarang digunakan penjual es pisang ijo. Penyajiannya tampak spesial. Selain topping vla, roti tawar, kacang sangrai, bubur mutiara, sirup merah, dan susu kental manis, ada pula potongan nangka di dalamnya yang wanginya menambah selera makan. Rasanya benar-benar segar dan manis! Seporsi mungkin bakal kurang.

Es Pisang Ijo Depan BNI

img_20190922_113518_CKH.jpg
Porsinya banyak (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Es pisang ijo ini berlokasi persis di depan kantor cabang utama Bank BNI Cilacap, tepatnya di Jalan Ahmad Yani. Bentuk warung tendanya hampir mirip dengan Es Pisang Ijo Batalyon, yaitu hanya berupa gerobak sederhana yang ditutup tenda minimalis.

img_20190922_114904_fyM.jpg
Hanya gerobak sederhana (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Pisang yang dipilih oleh penjual adalah pisang raja. Olahan es pisang ijo disajikan tanpa ada potongan buah di dalamnya. Hanya ada topping vla, roti tawar, bubur mutiara, yang disiram susu kental manis dan sirup merah. Yang spesial, tekstur vla di Es Pisang Ijo Depan BNI cukup lembek dan disajikan dalam porsi yang cukup banyak. Dijamin langsung bikin kenyang.

Nah, itulah rekomendasi es pisang ijo yang ada di Kota Cilacap. Semoga bisa membantu mengobati rasa kangenmu dengan sajian es Nusantara saat sedang wisata di Cilacap. Selamat mencoba!

Tags
Cilacap es pisang ijo di cilacap Indonesia Jawa Tengah kuliner
Share