Es Pak Kutir, Kuliner Wajib di Pasar Legi Solo

Advertisement

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang sering menjadi destinasi wisata pilihan traveler. Bukan hanya karena budaya Jawa atau tempat wisatanya, kuliner yang ditawarkan pun menjadi alasan wisatawan kembali ke kota cantik ini. Kamu berencana liburan ke Solo? Travelingyuk punya satu rekomendasi kuliner yang pasti bakal membuat liburanmu makin menyenangkan. Penasaran kan?

Namanya Es Teler Pak Kutir dan juga dikenal dengan Es Campur Pak Kutir. Minuman menyegarkan ini sudah dikenal masyarakat sebagai kuliner istimewa di Solo. Rasanya tidak kalah dari es dawet khas Solo seperti Dawet Selasih Bu Dermi. Es campur tersebut dapat kamu temukan di Jalan Mohammad Saleh Wedisastro, Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta, lebih tepatnya di sebelah timur Pasar Legi.

Es Teler Pak Kutir
Es Teler Pak Kutir [image source]
Buka dari jam 10 pagi hingga 5 sore, es racikan Pak Kutir ini sangat komplit. Ada bermacam irisan buah-buahan segar, seperti melon, sawo, nanas, blewah, nangka, hingga alpukat.  Selain itu, kamu juga bakal dibuat kenyang dengan adanya irisan roti tawar, ketan ijo, tape, kolang kaling serta nata de coco.

Es Pak Kutir
Es Pak Kutir [image source]
Keunikan lain dari es di sini adalah tambahan saos sebagai pemanisnya yang dapat kamu pilih sesuai selera. Ada susu putih, susu cokelat, atau sirup merah yang cantik. Ada pula varian yang menggunakan durian. Saking komplitnya, es campur yang disajikan dalam mangkuk ukuran sedang ini terlihat melimpah.

Es Campur Pak Kutir
Es Campur Pak Kutir [image source]
Meski terlihat sangat banyak, kamu tak perlu khawatir soal harga yang dibanderol. Hingga artikel ini ditulis, harga Es Pak Kutir hanya sebesar Rp8.000 per porsinya. Sangat terjangkau, apalagi untuk kantong mahasiswa. Sementara tempat makan ini terbilang sederhana. Berjualan di depan rumah dan menjadikan halaman sebagai tempat makan. Tak perlu khawatir, ada kursi serta meja panjang yang dapat memuat hingga puluhan orang.

Bagaimana, sudah dibuat ngiler kan? Yuk, buruan ke Solo dan nikmati es racikan Pak Kutir ini.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Solo Surakarta
Share