Es Gosrok Jadul di Jogja yang Tawarkan Kesegaran Antik dengan Rasa Unik

Es kepal milo sedang mendapat panggung dan menarik perhatian banyak orang. Toppingnya yang beragam dan rasa nikmat adalah alasan kenapa ada banyak yang penasaran ingin mencoba. Jauh sebelum ada es kepal Milo, jajanan serupa yang khas sudah jadi favorit terutama bagi anak-anak sekolahan. Di Jogja namanya adalah es gosrok. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Kuliner Khas yang Susah Ditemukan

Es Gosrok jadul
Es Gosrok jadul via Instagram/@pangeran_kuliner

Seiring berjalannya waktu dan munculnya berbagai jajanan baru, es Gosrok mulai terlupakan. Penjualnya kini semakin sedikit dan susah ditemukan. Padahal dulu, ada di sekolah-sekolah dan sering keliling kampung untuk memberikan kesegaran. Jika kamu ingin mencicipinya saat ini, langsung saja datang ke Jalan Abu Bakar Ali, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta.

2. Es dengan Bahan-Bahan Enak

Es dengan bahan enak
Es dengan bahan enak via Instagram/@masclink_kulineran

Es Gosrok memiliki rasa segar dengan manis yang pas. Isiannya terdiri dari santan, kelapa, hingga tape ubi.  Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan serutan es yang melimpah dalam satu gelas berukuran besar. Nikmat seklai ketika disantap saat siang hari. Kedai yang terkenal dengan nama Es Gosrok Jadul ini menawarkan rasa asam dari tapi dan gurihnya kelapa.

3. Teknik Penyajian yang Unik

Jara penyajian es gosrok jadul
Jara penyajian es gosrok jadul via Instagram/@merekammakan

Pemilik warung mengaku dalam sehari bisa menghabiskan hingga 5 kg tape. Pembelinya juga banyak setiap hari dan berasal dari berbagai kalangan. Ada teknik tersendiri dalam menyajikan menuman tradisional tersebut.  Bahan-bahan dipotong dalam ukuran kecil agar lebih mudah ketika menyantapnya.

4. Minuman Murah Meriah Tapi Mantap Jiwa

Kuliner Jogja Murah
Kuliner Jogja Murah via Instagram/@voilajogja

Satu porsi es gosrok Jadul di Jogja ini bisa kamu beli dengan harga yang murah. Ketika artikel ini diterbitkan masih sekitar Rp3.000 dengan porsi besar dan rasa lezat. Dalam sehari, biasanya ada ratusan porsi es gosrok yang terjual. Jam buka dimulai pukul 10 pagi dan biasanya jam 3 sore sudah habis terjual.

Selain es gosrok, Jugja adalah gudangnya kuliner enak. Kamu bisa mencoba gudeg dan lain sebagainya. Menurut kamu, es gosrok ini paling enak dihidangkan sambil menyantap makanan apa nih?

Tags
Es Gosrok Indonesia Jogja kuliner Jogja
Share