Ragam Es di Pontianak yang Mampu Hilangkan Dahaga, Segarnya Tak Ada Duanya

Sebagai kota Khatulistiwa, Pontianak memiliki segudang hal menarik untuk dibahas, tak terkecuali kulinernya. Tak hanya bermacam makanan, di sini pun Teman Traveler akan menemukan ragam minuman yang menggugah selera. Berikut, Travelingyuk akan merekomendasi beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati es di Pontianak. Penasaran? Yuk, simak rangkuman di bawah ini ya!

Es Nona

Es nona
Es nona via Instagram/elitachin

Salah satu minuman yang cukup melegenda di Pontianak adalah Es Nona. Es ini memiliki rupa yang hampir mirip dengan es doger. Namun, isinya lah yang menjadi pembeda. Es ini terdiri dari potongan manisan pepaya, kacang merah, dan tape. Beberapa dari pedagang juga ada yang menambahkan sagu mutiara, kolang-kaling, atau potongan buah nangka. Setelah itu akan diberi es serut berwarna merah muda dan diberi susu. Rasa manis dan segar dari buah-buahan membaur menjadi satu.

Es Shanghai

Es Shanghai
Es Shanghai via Instagram/esbuahmanggabesar

Minuman satu ini tidak hanya populer di Pontianak, melainkan juga terkenal di beberapa daerah. Es Shanghai terdiri dari cincau hitam, buah nangka, kelapa muda, alpukat, rumpu laut, kolang kaling, sirup merah, es serut, susu kental manis, dan lain-lain. Sekilas memang tampak seperti es teler, namun dari segi rasa, es shanghai tak terlalu manis karena tidak menggunakan gula putih cair. Minuman ini cocok dikonsumsi saat cuaca panas karena mampu menghilangkan dahaga.

Ce Hun Tiau

Ce Hun Tiau
Ce Hun Tiau via Instagram/santapdulu

Jika Teman Traveler pergi ke Pontianak, maka akan banyak ditemukan es ce hun tiau. Selain faktor cuaca yang panas, ce hun tiau merupakan minuman yang khas dan favorit bagi warga setempat.  Ce hun tiau berasal dari bahasa Tionghoa yang berarti makanan yang terbuat dari tepung. Komposisinya terdiri dari cendol, bubur ketan hitam, kacang merah, dan cincau hitam. Semua bahan tersebut tercampur di dalam satu mangkuk dan ditambahkan gula aren, santan kelapa serta es batu sebagai pelengkap. Untuk es di Pontianak satu ini, Teman Traveler bisa berkunjung ke Jl. WR Supratman.

Es Krim Angi

Es krim Angi
Es krim Angi via Instagram/intankarinaijo

Berbeda dengan sebelumnya, es di Pontianak satu ini merupakan minuman populer sekaligus yang tertua di kota. Berada di Jl. KS Tubun No.8, es krim ini masih eksis di lidah masyarakat hingga kini. Tekstur es krimnya lembut dan tersedia beberapa varian rasa seperti coklat, stroberi, durian, dan cempedak. Agar terasa lebih lezat, pemilik toko menambahkan cincau dan kacang merah. Cara peyajiannya pun unik, pelanggan akan disuguhkan dengan batok kelapa terbuka lengkap dengan dagingnya.

Itulah deretan es di Pontianak yang dapat menghilangkan dahaga Teman Traveler setelah keliling kota. Bagaimana, apakah ada minuman favoritmu di atas?

Tags
es di pontianak Indonesia Kalimantan Barat kuliner Kuliner Pontianak Pontianak
Share