Es Cendol Makanan Penutup Terbaik Sedunia, Bukan dari Indonesia?

CNN belum lama ini merilis deretan makanan penutup terbaik sedunia. Media Amerika Serikat tersebut mengumpulkan sejumlah sajian lezat dari seluruh penjuru bumi. Es Cendol makanan penutup terbaik sedunia lantas jadi salah satu fakta menarik yang muncul.

Penganan populer di Indonesia tersebut memang sangat nikmat disantap sesudah makan. Namun menariknya, es cendol dalam daftar CNN tidak disebut sebagai sajian asal Indonesia. Apa yang sebenarnya terjadi? Simak penjelasan berikut.

Bukan dari Indonesia?

Es Cendol
Es Cendol via Shutterstock

Dalam daftar 50 makanan penutuap terbaik dunia yang dikeluarkan CNN, secara mengejutkan nama Indonesia tidak tercantum sama sekali. Lantas bagaimana dengan es cendol? Well, media Amerika Serikat tersebut justru mengklaim makanan itu berasal dari Singapura.

Lewat artikel yang mereka rilis, CNN menyatakan bahwa Es Cendol adalah makanan asal Singapura. Argumen mereka, makanan sejenis Es Cendol banyak ditemukan di berbagai daerah di Asia Tenggara. Varian asal Singapura dinilai paling nikmat, karena disajikan dengan tambahan ‘kacang merah yang dimaniskan’.

Pencuci Mulut Lezat

Semangkuk Es Cendol
Semangkuk Es Cendol via Shutterstock

Kelezatan Es Cendol memang tak perlu diragukan lagi. Rasa manis muncul dari sirup gula aren, hasilkan paduan pas dengan santan. Cendol sendiri hadir dalam bentuk mirip jeli, namun terbuat dari tepung tapioka, tepung beras, dan air perasan daun pandan.

Es Cendol makanan penutup terbaik sedunia bisa ditemui dalam beragam bentuk dan cukup populer di Indonesia. Ada sejumlah hidangan mirip di Nusantara, salah satunya es dawet. Keduanya sama-sama menggunakan kuah santan dan jeli hijau terbuat dari tepung beras.

Masuk 10 Besar

Segelas Es Cendol
Segelas Es Cendol via Shutterstock

Es Cendol dalam daftar makanan penutup terbaik dunia versi CNN berada di peringkat sembilan. Hanya kalah dari sejumlah hidangan seperti Alfajores, Apfelstrudel, Baklava, Black Forest, Borma, Brownies, Cannoli, dan Cardamom. Sementara duduk di peringkat 10 adalah Chocolate Chip Cookies asal Amerika Serikat.

Namun demikian, CNN menyatakan bahwa daftar yang mereka buat semata hanya diurutkan berdasarkan abjad. Tidak ada niatan untuk menyatakan bahwa makanan satu lebih lezat dari lainnya. Dengan kata lain, Es Cendol tak kalah nikmatnya dibanding Gelato khas Italia atau Creme Brulee milik Prancis.

Itulah penjelasan terkait fakta es cendol makanan penutup terbaik dunia. Meski tidak dicantumkan sebagai makanan asal indonesia, cendol nyatanya termasuk salah satu dessert populer di Indonesia. Bagaimana menurut kalian Teman Traveler?

Tags
Indonesia info terbaru kuliner Travelingyuk Wisata Kuliner
Share