Embung Potorono, Sunset Indah di Sudut Jogja

Nuansa sore kerap hadirkan keindahan alam paling dahsyat. Terlebih jika bisa saksikan mentari terbenam di ufuk barat. Tak heran jika banyak traveler sengaja sisihkan waktu untuk mengagumi momen ini. Jika sedang liburan di Jogja, Teman Traveler bisa coba saksikan indahnya senja di Embung Potorono.

Tak Bisa Dijangkau Kendaraan Umum

Embung Potorono (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Saya sudah pernah mendapat kesempatan saksikan eksotisnya senja di Embung Potorono. Bendungan sungai yang membentuk telaga ini memantulkan pancaran sinar jingga mentari dengan indahnya. Sungguh luar biasa, Teman Traveler.

Untuk menuju sini, sebenarnya cukup mudah karena tempatnya tak jauh dari pusat kota. Sayangnya, Teman Traveler tak bisa menumpang kendaraan umum. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau memesan ojek.

Tepat di gang sebelum masuk area embung, Teman Traveler bakal melewati jalanan terjal berbatu. Oleh karena itu, pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan dikendalikan oleh pengemudi handal.

Panorama Eksotis

Sunset indah yang seolah tak pernah usai (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Sisi barat telaga ini tak pernah lepas dari pemandangan indah senja. Panoramanya begitu cantik, mengikuti pergerakan sang mentari menuju ufuk barat. Fatamorgana yang tercipta di permukaan embung menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk menikmati suasana indah ini, Teman Traveler bisa duduk di tepian embung. Manfaatkan salah satu deretan kursi kayu yang disediakan. Percayalah, suasananya bakal sangat syahdu.

Jogging Sore Juga Asyik

Suasana jogging sore (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Embung berbentuk lonjong ini dikelilingi jalanan aspal selebar kira-kira satu meter. Selain bisa dimanfaatkan para penghobi selfie, tak sedikit pula yang memanfaatkannya untuk jogging sore. Makin pas karena di beberapa titik terdapat penjual makanan dan minuman ringan pelepas dahaga.

Mancing Mania atau Beri Makan Ikan?

Bendungan sungai di sekitar (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk
Ikan-ikan dalam air (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Salah satu sudut embung dihiasi bendungan sungai yang kerap dipadati para penyebar kail. Mereka dengan sabar menunggu datangnya ikan. Kawasan tak bertiket ini memang kerap dipadati para pecinta mancing untuk mengail ikan secara gratis.

Teman Traveler bakal melihat ratusan ikan warna-warni berenang anggun dalam embung luas itu. Kalian juga bisa lho, memberi makan mereka sembari menikmati indahnya gerakan air. Cukup keluarkan biaya sekitar Rp2.000 untuk membeli pakan khusus dari pedagang sekitar telaga.

Wahana Permainan Anak dan Kuliner Ndeso

Istana balon (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Istana balon bisa ditemukan di salah satu sisi embung. Tempat ini biasanya ramai dihiasi keceriaan anak-anak serta deretan senyum bahagia di wajah para orang tua.

Selain wahana bermain, area ini juga kerap dimanfaatkan warga sekitar untuk berjualan aneka kuliner. Teman Traveler bisa pilih jajanan pasar, mie ayam, bakso, makanan berat, hingga burger.

Gazebo (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Bicara soal fasilitas, kawasan wisata di Desa Salakan, Potorono, Banguntapan, Bantul, Jogja ini bisa dibilang cukup lengkap. Toilet portable dengan kondisi memadai tersedia di sisi embung. Area parkirnya sanggup menampung banyak kendaraan, roda dua maupun empat. Ada juga sejumlah gazebo kayu juga bisa digunakan tanpa biaya tambahan.

Itulah pengalaman saya menikmati nuansa senja di Embung Potorono. Meski bukan pantai, panorama sunset di sini cukup oke lho Teman Traveler. Jika sedang eksplor wisata Jogja, jangan lupa mampir ke sini ya. Jadi, mau ajak siapa, nih?

Tags
embung potorono Jogja kontributor Travelingyuk wisata jogja
Share