Ekspedisi ‘Tanah Jahanam’, Pompa Adrenalin ala Film Horor Joko Anwar

Ada kabar menyenangkan bagi para pecinta film horor Indonesia nih. Di tanggal 17 Oktober 2019 besok, film berjudul Perempuan Tanah Jahanam akan tayang di seluruh bioskop di Indonesia. Film besutan Joko Anwar ini mengambil lokasi syuting di beberapa kawasan di Jawa Timur dengan Banyuwangi, Gunung Ijen dan Lumajang sebagai tempat utamanya. Penasaran nggak sih, kira-kira di mana lokasi tepatnya? Yuk kita coba jelajahi kemungkinannya! 

Alas Purwo di Banyuwangi 

tanah jahanam
Alas Purwo via instagram/sepupu_aw

Banyuwangi menjadi latar utama pada film yang dibintangi oleh Tara Basro ini. Ada beberapa tempat yang cocok di daerah ini yang sepertinya cocok dipakai sebagai setting film horor. Salah satunya adalah Alas Purwo yang dari dulu menyimpan cerita misteri. 

tanah jahanam
Gapura di Alas Purwo via instagram/dwirully.hl

Berlokasi di Kecamatan Tegaldlimo dan Purwoharjo, Alas Purwo ini dipercaya merupakan tempat dari kerajaan gaib. Banyak cerita yang menyebutkan kalau siapa saja yang sudah masuk ke sana, akan sulit untuk keluar. Begitu juga dengan yang sudah berhasil keluar dari hutan tersebut, diduga orang itu akan mengalami kesialan di hidupnya. Atas dasar cerita tersebut, Alas Purwo pun disebut-sebut sebagai lokasi dari cerita KKN Desa Penari yang viral beberapa waktu lalu. 

Namun, sebenarnya Alas Purwo ini mempunyai pesona yang amat luar biasa. Rimbunnya pohon membuat suasana menjadi teduh. Ditambah dengan adanya gapura cantik yang menambah keindahan dari Alas Purwo tersebut. Oleh karenanya, hutan tertua di Jawa Timur ini sudah ditetapkan sebagai taman nasional. 

Taman Wisata Alam di Gunung Ijen 

Taman Wisata Alam Gunung Ijen via instagram/samoyeeth 

Gunung Ijen pun juga mempunyai cerita mistis di dalamnya. Tepatnya di kawasan Taman Wisata Alam yang pada tahun 2018 lalu pernah menyesatkan dua wisatawan yang ingin pulang mendaki. Dilansir dari laman Detik, mereka berdua sudah masuk hutan selama tiga kali. Bahkan, keduanya telah naik turun jurang tiga kali dan sempat bermalam di goa karena sudah frustasi untuk menemukan jalan pulang. 

Kawah Ijen via instagram/rahaps_

Ada pula cerita bahwa di dalam hutan ini juga ada makhluk halus yang suka menampakkan diri. Adalah kuntilanak yang biasanya muncul di tanjakan curam.  Konon, banyak pendaki yang sudah pernah melihatnya ketika menjelang subuh. 

Meskipun begitu, masih banyak pendaki yang tertarik untuk melihat indahnya Kawah Ijen. Sebab, kawah satu ini mempunyai ciri khas warna biru terang yang mungkin jarang ditemui pada gunung-gunung lain. Selain itu, banyak juga pendaki yang ingin melihat fenomena blue fire yang hanya bisa dilihat dini hari. 

Alas Burno di Lumajang 

tanah jahanam
Alas Burno via instagram/agungsinyo

Lumajang pun juga punya tempat bernuansa mistis yang bernama Alas Burno. Berlokasi di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, ada banyak kisah mistis yang muncul di tempat ini. Salah satunya yang paling sering dikisahkan adalah munculnya sosok perempuan yang tiba-tiba menyeberang. Sosok ini diduga muncul setelah adanya kecelakaan yang dialami satu keluarga. 

tanah jahanam
Jadi tempat foto-foto via instagram/ekigofur

Sejak saat itulah, orang-orang yang lewat di jalanan sekitar Alas Burno mengedipkan lampu atau membunyikan klakson. Ini dilakukan supaya tidak terjadi malapetaka dan juga sebagai tanda permisi karena ingin lewat. 

Tapi, Alas Burno ini tetap ramai di akhir pekan. Ini dikarenakan hutan pinusnya sangat instagenic, sehingga banyak yang berfoto di tempat tersebut. Bahkan, banyak juga yang menjadikan lokasi ini sebagai latar pre-wedding

Itulah tempat-tempat mistis yang kemungkinan dijadikan lokasi syuting Perempuan Tanah Jahanam. Suasananya seram dan banyak kisah mistis yang terkandung di dalamnya. Jadi, menurut Teman Traveler mana yang dijadikan lokasi syuting Perempuan Tanah Jahanam tersebut? 

Tags
Banyuwangi Indonesia Jawa Timur Lokasi syuting Perempuan Tanah Jahanam Lumajang Perempuan Tanah Jahanam Tanah Jahanam Wisata
Share